Home Pemerintah Pemprov Kalteng Sugianto Ingatkan Program Percepatan Pembangunan di Kalteng

Sugianto Ingatkan Program Percepatan Pembangunan di Kalteng

  Redaksi   | Senin , 21 Februari 2022
f822bb96888bdb26743ecf9af583e64d.jpg
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran memimpin pertemuan dengan Tim Ahli dari UGM terkait percepatan pembangunan.

KLIK. PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kembali mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk memperhatikan program percepatan pembangunan yang menjadi prioritas pemerintah, baik di bidang pengelolaan sumber daya alam, pertanian, dan perekonomian.

Penegasan itu disampaikan Sugianto Sabran pada saat memberikan arahan pada Focus Group Discussion (FGD) Pemerintah Provinsi Kalteng dengan Tim Ahli Universitas Gadjah Mada (UGM) Tentang Percepatan Pembangunan Kalteng, Senin (21/2). 

“Saya harapkan sumber daya alam yang melimpah ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah,” kata dia.

Dikatakan dia, pemerintah provinsi telah merencakan pembangunan Pelabuhan Utama di Teluk Sampit. Pembangunan itu dilakukan karena selama ini kegiatan ekspor SDA Kalteng kebanyakan melalui pelabuhan di provinsi. 

Berdasarkan data ekspor Kalteng dari Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan, pada tahun 2020 hanya 26,23 persen ekspor keluar melalui pelabuhan di wilayah Kalteng, sedangkan 73,77 persen ekspor dilakukan melalui pelabuhan di provinsi lain.

“Hal ini dapat terjadi salah satunya disebabkan karena hingga saat ini Kalteng masih belum memiliki Pelabuhan Utama,” katanya mengharapkan.

Kemudian pada sektor perekonomian, percepatan pembangunan yang diperhatikan berkaitan dengan upaya mendukung ketahanan pangan daerah dan nasional. Mengenai program ini, pemerintah telah menginisasi pembangunan kawasan shrimp estate atau budidaya udang vaname yang berada di Kabupaten Sukamara. 

“Selain budidaya udang vaname, sekarang sedang intensif mengembangkan program terintegrasi sawit sapi sebagai kawasan baru pengembangan sapi potong di Kalteng,” katanya menerangkan.

Untuk memberi manfaat lebih terhadap program prioritas itu, berdasarkan Sugianto Sabran menegaskan pemerintah turut mengembangkan hilirisasi di daerah. Hal ini selain dapat meningkatkan pendapatan,  juga dapat menyerap ratusan ribu tenaga kerja.

“Pemanfaatan sumber daya alam, peningkatan ekonomi terumasuk kesejahteraan masyarakat merupakan bagian program prioritas pemerintah yang harus sama-sama didorong,” katanya mengakhiri.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami