Home News Metropolis Warga Baamang ini Kaget Ada Kukang Masuk Rumahnya

Warga Baamang ini Kaget Ada Kukang Masuk Rumahnya

  Redaksi   | Sabtu , 11 Maret 2023
79f47fb8413dc56289313db67c9b7f21.jpg
Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah mengevakuasi kukang yang diserahterimakan oleh warga Kecamatan Baamang.

KLIK.SAMPIT - Siswanto, warga Kecamatan Baamang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, dibuat kaget oleh kemunculan seekor kukang yang masuk ke dalam rumahnya, Jumat malam (10/3)

Ia pun merasa bingung, dan sempat tidak tahu dan merasa asing dengan hewan kukang tersebut. 

"Setelah mencari informasi di internet, barulah diketahui jika hewan itu adalah kukang. Salah satu jenis primata dilindungi yang populasinya hampir punah," jelasnya, Sabtu (11/3).

Ia pun langsung menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, dengan maksud menyerahkannya sehingga bisa dilepasliarkan di alam bebas. 

Keesokan harinya petugas BKSDA pun datang untuk melihat kondisi hewan yang bergerak lamban itu. Selanjutnya dilakukan serah terima. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah menduga, kukang tersebut sebelummya sempat dipelihara oleh warga. Lalu, lepas dan masuk ke rumah warga yang melapor. 

"Kami menduga, kukang tersebut pernah menjadi peliharaan warga. Sebab lokasi penemuan kukang berada di kawasan padat penduduk, jauh dari habitatnya," ujarnya. 

Guna menjaga kelestariannya, pihak BKSDA Pos Jaga Sampit pun melepasliarkan nya di habitatnya di salah satu kecamatan di Kotim.

Berdasarkan data BKSDA saat ini populasi kukang di Kotawaringin Timur hanya ada di beberapa kecamatan yang masih memiliki kawasan hutan," katanya. 

BKSDA juga mengimbau masyarakat agar peduli terhadap keberlangsungan hidup satwa liar. Terlebih, apabila satwa tersebut termasuk hewan dilindungi. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami