Home DPRD Kotawaringin Timur Kades Dituntut Kreatif dalam Membangun Desa

Kades Dituntut Kreatif dalam Membangun Desa

  Redaksi   | Senin , 06 September 2021
be75c02a72bfadf338f803c970f3a2e8.jpg
Anggota DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo.

KLIK. SAMPIT– Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Handoyo J Wibowo, mengajak, aparatur pengelola desa agar lebih kreatif dalam memanfaatkan anggaran Dana Desa (DD) untuk membangun desa. Selain itu juga harus kreatif dalam menggali potensi desa untuk untuk meningkatkan pedapatan desa.

“Kepala Desa (Kades) jangan hanya terpaku terhadap DD. Gali potensi desa yang dapat menjadi pemasukan, upayakan masyarakat terlebih di dalamnya. Sehingga masyarakat merasakan manfaat dari pembangunan yang dilaksanakan di desa,” jelas Handoyo, Senin (6/9).

Handoyo meyakini banyak potensi desa yang dapat dijadikan pendapatan desa, tinggal bagaimana menggelolanya saja lagi. Untuk itu pemerintah desa harus kreatif dan inovatif dalam menggali potensi tersebut.

“Setiap desa saya meyakini memiliki potensinya masing-masing. Tinggal digali saja, karena kalau hanya mengandalkan DD pasti tidak akan mampu membangun desa secara merata” ujarnya.

Harus bisa menjalin kerjasama dengan instansi terkait. Misalnya bidang perikanan, pertanian dan lainnya yang bisa mendapatkan pemasukan bagi desa.

Program tersebut nantinya bisa dilibatkan masyarakat untuk mengelola dan mengembangkannya. Kades saat ini harus lebih berjiwa bisnis tapi tetap prosedural demi kemajuan desa yang dipimpinnya. 

“Administratifnya juga harus diperhatikan, jangan sampai menyalagi prosedur. Sebab jika menyelahi prosedur maka akan bertentangan dengan aturan, untuk tiu diharapkan pola kerjasamanya harus beracuan pada aturan,” tutupnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami