Home News Ekonomi Harga Emas Masih Bertengger di Atas Sejuta Rupiah per Gram Peminat Justru Tinggi

Harga Emas Masih Bertengger di Atas Sejuta Rupiah per Gram Peminat Justru Tinggi

  Redaksi   | Minggu , 17 Maret 2024
adecdb65173aa30cc629c2c2fc23c0e5.jpg
Aktivitas jual-beli emas di Toko Mitra Baru Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit.

KLIK.SAMPIT - Harga emas saat ini masih terua mengalami kenaikan. Bahkan emas 999 atau emas amerika masih bertengger di harga Rp 1,06 juta per gram. 

Pengusaha Jual Beli Emas Toko Mitra Baru Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit Darsani mengatakan meski harga emas naik namun pembelian tetap meningkat. Terutama untuk emas jenis 999. 

"Walaupun harga emas 999 naik sejak setengah bulan lalu, tapi masih diburu," ujar Darsani, Sabtu (16/3).

Darsani mengatakan dalam setengah bulan terakhir saja sudah dua kali terjadi kenaikan harga emas 999 yang diikuti juga dengan kenaikan harga emas dengan kadar di bawahnya. 

"Untuk emas 999 kenaikannya sampai Rp 30 ribu, diikuti emas lainnya dengan kenaikan antara Rp 10 ribu - Rp 20 ribu," sebutnya. 

Kenaikan harga emas tersebut kata Darsani tidak membuat daya beli masyarakat melemah. Justru, selama Ramadan ini minat beli masyarakat justru meningkat dibanding minat jual. 

"Peminatnya malah bagus, untuk omsetnya, justru banyak yang beli, mudahan dekat lebaran lebih bagus lagi," ucapnya. 

Menurutnya selama Ramadan hingga menjelang Idulfitri mendatang umumnya daya beli konsumen tinggi. Namun setelah lebaran nanti, seperti momentum sebelum-sebelumnya warga akan ramai-ramai menjual emas. 

"Apalagi lagi setelah lebaran akan diikuti dengan masuknya sekolah, sehingga cenderung masyarakat memerlukan kebutuhan untuk membeli peralatan sekolah," ucapnya. 

Kenaikan harga emas ini terjadi karena gejolak dunia internasional. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap harga emas dan mata uang rupiah adalah nilai mata uang dolar AS. Selain itu gejolak politik seperti perang Israel - Palestina yang masih terus terjadi hingga saat ini juga menjadi salah satu pemicu kenaikan harga emas tersebut. 

"Kenaikan ini pengaruh dari harga emas dunia, harga jualnya naik, begitu juga rupiah, biasanya dua faktor itu menyebabkan dolar dengan harga emas luar negeri tidak stabil, naik terus. Ada gejolak politik internasional juga berpengaruh," ungkapnya. 

Menurutnya kebanyakan orang, terutama para pengusaha banyak menyelamatkan aset dengan investasi emas. Sebab kata Darsani makin kacau gejolak internasional, makan akan semakin naik harga emas. 

"Biasanya kalau pengusaha besar, supaya asetnya aman biasanya dibelikan emas. Kalau terjadi gejolak ekonomi perang dan lainnya masih aman.

Karena biasanya investasi di emas itu aset terlindung, kalau saham bisa anjlok, tapi harga emas jarang turun. Dengan kondisi politik yang tidak menentu juga orang akan larinya ke emas. Emas ini investasi yang sangat menjanjikan," terangnya. 

Biasanya kata Darsani, konsumen yang membeli emas 999 jarang untuk dijual, karena untuk investasi jangka panjang. Karena harganya yang mengikuti harga pasar, sehingga ketika dijual kembali tidak akan rugi.

"Emas amerika ini jangka panjang, jarang orang jual, kecuali ada keperluan. yang banyak jual itu biasanya emas 375. Kalau emas 999 rata-rata banyak yang beli walaupun harga naik. Ketika menjual harganya mengikuti, orang biasa menjual menunggu harganya naik lagi. Membeli emas 999 ketika jual kembali itu biasanya tidak akan rugi karena harganya menggiring pasar," tuturnya. 

Sementara itu, kisaran harga emas di Kota Sampit saat ini, antara lain emas amerika atau 999 yang setara dengan emas 24 karat berada pada harga Rp 1.060.000 per gram, emas 750 setara 17 karat di harga Rp 880 ribu per gram. Selanjutnya, emas 700 atau emas singapore setara 16 karat di harga Rp 830 ribu per gram, emas 420 setara emas 9 karat berada di harga Rp 525 ribu per gram dan emas 375 setara 8 karat di harga Rp 495 ribu.

"Sedangkan untuk emas batangan rata-rata Rp 1, 2 lebih per gram, setengah bulan lalu Rp 1, 1 juta ada kenaikan Rp 100 ribu," tandasnya.

Minat masyarakat untuk investasi emas masih terbilang tinggi hingga kini. Sebab emas dinilai menjadi salah satu investasi yang aman terlebih untuk jangka panjang. 

"Untuk perhiasan emas yang paling diminati masyarakat sejauh ini masih emas 999 atau emas amerika yang kemurniannya mencapai 99.9 persen," tutupnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami