Home News Ekonomi Pascalebaran Harga Sejumlah Bahan Kebutuhan Pokok di Sampit Belum Stabil

Pascalebaran Harga Sejumlah Bahan Kebutuhan Pokok di Sampit Belum Stabil

  Sugianto   | Sabtu , 20 April 2024
f89c4af8ba9bfdb475bee22526a4db35.jpg
Salah satu kios pedagang yang berjualan bawang di Pasar Al Kamal Sampit.

KLIK.SAMPIT- Pascalebaran Idulfitri 1445 Hijriah sejumlah harga bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Kotawaringin Timur belum stabil. Salah satunya adalah bawang merah. 

Beberapa hari lalu, harga bawang tembus Rp45 ribu per kilogram, sempat turun menjadi Rp42 ribu, lalu naik kembali menjadi Rp48 ribu per kilogram.

"Belum stabil harga bawang, kamarin saya dapat Rp45 ribu, hari ini naik lagi Rp48 ribu per kilogram harga bawang merah dan bawang putih," kata Supri salah seorang pembeli, Sabtu (20/4).

Menurutnya, harga bawang di pasar ini mengalami kenaikan selama lebih dari dua pekan. Selain harga bawang sejumlah bahan kebutuhan lain juga mengalami kenaikan seperti ayam, cabai dan tomat.

"Tadi saya juga belanja ayam namun masih mahal. Jadi saya beli setengah kilogram aja. Cabai, tomat juga ikut naik masa tomat hanya 2 biji sudah Rp5 ribu, mahalnya," ungkapnya.

Sementara salah seorang pedagang Arif mengatakan, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di daerah itu dipicu oleh kurangnya persediaan barang di pasar. Selain itu menurutnya sejumlah pedagang dan petani juga masih mudik. Sementara permintaan masih tinggi pascalebaran.

"Permintaan tinggi, sejumlah pedagang dan petani masih ada yang mudik. Mungkin ini mengakibatkan harga barang belum stabil," ungkapnya. 

Adapun menurutnya sejumlah bahan kebutuhan pomok dikatakan normal misalnya harga bawang dengan kisaran Rp22- Rp25 per kilogram dan ayam kisaran Rp33 -Rp35 per kilogram.

"Mudahan sejumlah harga di Sampit cepat turun lah," pungkas Arif. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami