Home News Nasional Local Heroes Perpanjangan Tangan Aruna Membangun Kepercayaan Nelayan

Local Heroes Perpanjangan Tangan Aruna Membangun Kepercayaan Nelayan

  Redaksi   | Kamis , 18 Agustus 2022
aa9d68147de58ae32d5dec3aaa535d67.jpg
Local Heroes, Pahlawan Aruna di Lapangan

KLIK. JAKARTA - Perusahaan e-commerce perikanan, Aruna Indonesia, terus berupaya membangun kepercayaan nelayan. Salah satunya dengan menempatkan Local Heroes sebagai perpanjangan tangan Aruna. 

Utari Octavianty, Co-Founder & Chief Sustainability Officer (CSO) Aruna, mengatakan Aruna perlu merancang sebuah pendekatan khusus agar dapat berinteraksi dan membuat kelompok nelayan percaya dengan Aruna. Sehingga interaksi dan komunikasi dengan nelayan semakin baik. 

"Untuk membangun trust dan hubungan yang baik dengan nelayan Aruna di lapangan, kami menempatkan Local Heroes. Local Heroes adalah perwakilan Aruna di seluruh Indonesia yang menjalankan berbagai program untuk masyarakat pesisir dan memperkenalkan mereka pada teknologi yang Aruna kembangkan, " ungkap Utari.

Local Heroes adalah putra daerah, generasi muda daerah setempat yang bekerja sebagai Nakama Aruna (sebutan bagi karyawan Aruna) untuk berinteraksi langsung dengan nelayan. 

“Kami memang sengaja menempatkan para Local Heroes ini di lapangan untuk langsung terjun dan berinteraksi dengan nelayan lokal. Mereka adalah Nakama Aruna atau karyawan kami yang kami rekrut dan kami tugaskan untuk mendampingi dan membina Nelayan Aruna. 

Local Heroes ini menjadi ujung tombak pihaknya ke nelayan. Salah satu tugas Local Heroes adalah mengajari nelayan Aruna. Serta mengajarkan bagaimana cara menggunakan aplikasi yang Aruna kembangkan. 

Dengan sabar dan penuh semangat Local Heroes membina, bercengkrama dan membangun relasi yang baik antara Aruna dengan nelayan binaan Aruna di seluruh Indonesia. Mereka juga menjadi salah satu contoh generasi muda daerah yang memiliki semangat untuk memajukan daerah mereka sendiri 

Sebagai sebuah perusahaan e-commerce perikanan asal Indonesia, Aruna memiliki peran strategis. Salah satunya adalah sebagai supply chain aggregator perikanan dan menghubungkan langsung nelayan skala kecil ke pasar global. Tentunya dengan bantuan teknologi yang dikembangkan.

Aruna Indonesia didirikan tiga alumni universitas Telkom Bandung. Bermodalkan visi-misi yang sama dan sejalan, mereka pun kian mantap untuk membangun Aruna pada 6 tahun silam. Dengan semangat menjadikan laut sebagai sumber mata pencaharian yang lebih baik bagi banyak orang, Aruna pun semakin dikenal oleh dunia.

Aruna menganalisa dan merapikan ekosistem kelautan dan perikanan Indonesia mulai dari hulu hingga hilir. Aruna berkomitmen untuk menyajikan produk tangkapan laut Indonesia yang berkualitas, berdaya saing global dan berkelanjutan. 

Proses demi proses dan strategi demi strategi terus disiapkan Aruna untuk dapat terus melakukan inovasi di setiap lini bisnisnya. Tantangan di setiap prosesnya berbeda-beda, terlebih tantangan di hulu,  yakni ketika harus menghadapi nelayan di lapangan.

Sangat disayangkan bahwa sebagian besar nelayan Indonesia berasal dari kelompok yang tidak mendapatkan pendidikan layak dan mereka juga termasuk ke dalam kelompok yang menyumbang angka kemiskinan di Indonesia.

"Aruna menilai rantai pasok perikanan di Indonesia terlalu panjang dan tidak efisien. Kondisi ini yang membuat Aruna hadir di tengah industri perikanan guna meringkas seluruh rantai pasok perikanan Indonesia agar lebih efektif dan efisien," pungkasnya.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami