Home Pemerintah Katingan Babinsa Koramil Katingan Tengah Hadiri Pembinaan dan Pelatihan Masyarakat Peduli Api 

Babinsa Koramil Katingan Tengah Hadiri Pembinaan dan Pelatihan Masyarakat Peduli Api 

  Faisal Imam Hadi   | Sabtu , 20 November 2021
7d6bf481cd19e0d6b0591360170c2df8.jpg
Babinsa Koramil 1015-04/Katingan Tengah saat menghadiri pelatihan masyarakat peduli api di Desa Samba Danum.

KLIK.KASONGAN -- Babinsa Koramil 1015-04/Katingan Tengah Serda Tri Wulistiono menghadiri acara Pembinaan dan pelatihan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Desa Samba Danum, Kecamatan Katingan Tengah, tepatnya di Aula Kantor Desa Samba Danum, Jalan Minun Dehen, Desa Samba Danum, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Sabtu (20/11)
Babinsa Koramil 1015-04/Katingan Tengah, Serda Tri Wulistiono mengatakan bahwa masyarakat peduli api merupakan masyarakat yang secara sukarela ikut peduli terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Serta dapat diberdayakan untuk membantu kegiatan pengendalian kebakaran hutan di wilayahnya
"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada MPA di tiap kampung yang berada di wilayah kecamatan Katingan Tengah dalam rangka menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan memberikan pelatihan berupa pengenalan alat pemadam," katanya 
Pengoperasian mesin serta teknik dan keselamatan pada saat memadamkan api. Kegiatan ini diharapkan memberikan pengetahuan kepada MPA tentang cara penanggulangan Karhutla di wilayah.
“Kita harus memiliki kewaspadaan dan pengetahuan terhadap penanggulangan kebakaran untuk mengantisipasi bahaya kebakaran,” ujarnya
Pihaknya berharap  dengan adanya pembinaan dan pelatihan ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan para peserta, supaya dalam penanggulangan Karhutla maksimal.
Secara terpisah Danramil 1015-04 Katingan Tengah Letda Inf Ismail mengatakan keterlibatan MPA dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan tidak serta merta dibentuk begitu saja tetapi juga dilakukan pembinaan. 
"Setiap personel MPA dibekali dengan dasar-dasar pengendalian karhutla kegiatan pencegahan dan juga pemadaman. Selain itu, MPA juga diberikan pelatihan pembukaan lahan tanpa bakar atau setidaknya adanya kontrol dari masyarakat terhadap pembakaran lahan yang dilakukan secara terkendali," ungkapnya 
Letda Inf Ismail, berharap dengan demikian diharapkan MPA bisa menjadi pioner dalam kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam melakukan pembukaan lahan. 
"Dengan adanya MPA sebagai mitra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dapat membantu pemerintah, dan rekan-rekan dari Manggala Agni untuk dapat terjun langsung mencegah kebakaran hutan dan lahan serta bersama-sama menciptakan langit biru bebas asap.” harapnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami