Home DPRD Seruyan Pemkab Seruyan Harus Serius Memanfaatkan TORA

Pemkab Seruyan Harus Serius Memanfaatkan TORA

  Elit Badriyah   | Jumat , 06 Mei 2022
447661e1316fb12718c290be17908b29.jpg
Sejumlah Anggota DPRD Seruyan, dalam sebuah pertemuan.

KLIK. SERUYAN – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta pemerintah kabupaten setempat agar lebih serius untuk menyelesaikan pengusulan pemanfaatan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

“Kami minta kepada pemerintah agar serius menyelesaikan usulan TORA yang disampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI),” kata Anggota DPRD Seruyan, Harsandi, Jumat (6/5).

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini dikarenakan sampai dengan saat ini belum ada kepastian turunnya tim pusat untuk mengecek ke lapangan terhadap data yang disampaikan oleh Pemkab Seruyan pada tahun lalu.

Poin itu pun menjadi salah satu rekomendasi yang diberikan oleh Tim Panitia Khusus (Pansus) DPRD Seruyan terhadap Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Seruyan tahun anggaran 2021.

Sementara itu, kabupaten-kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah dicek di lapangan oleh kementerian. Sehingga pihaknya meminta kepada pemerintah daerah agar lebih serius mengawal program ini untuk bisa secepatnya terealisasi. 

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) menambahkan, program tersebut dinilai sangat penting dan menyangkut masa depan Bumi Gawi Hatantiring dan hajat hidup masyarakat yang ada di wilayah setempat.

 “Karena TORA ini kan kaitannya dengan sektor pertanian. Melalui program ini, maka dapat membantu masyarakat untuk lebih leluasa mengolah lahan yang masih belum dilakukan pelepasan kawasan. Sehingga lahan pertanian kita semakin luas, produksi pertanian melimpah, ketahanan pangan terjamin dan masyarakat bisa sejahtera,” jelasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami