Home DPRD Kotawaringin Timur Capaian Pembangunan Kotim Belum Terukur

Capaian Pembangunan Kotim Belum Terukur

  Dimas Suma Fember   | Selasa , 28 Juni 2022
87df68d3a1a894c7c5d2692a3d513d7c.jpg
Anggota DPRD Kotim, Riskon Fabiansyah.

KLIK. SAMPIT - Capaian pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dinilai masih belum terukur dengan baik. Hal ini diyakini terjadi karena upaya dari setiap perangkat daerah belum maksimal dalam menerapkan program pembangunan itu. 

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Kotim, Riskon Fabiansyah menyebutkan, rencana strategis yang perlu dioptimalkan lagi, mulai dari basis data, pemetaan masalah, penyusunan program hingga eksekusi. 

Pasalnya, ia melihat dalam hal dampak implementasi program pembangunan belum adanya ikhtiar yang bagus dari setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang ada di Kabupaten Kotim saat ini.

 "Sehingga capaian pembangun tidak dapat terukur dengan baik. Apalagi saat ini masih ditemukannya program pembangunan yang tidak tepat sasaran dan mengenyampingkan aspirasi warga," katanya, Selasa 28 Juni 2022. 

Menurutnya, ini bentuk kegagalan perencanaan sehingga belum menggambarkan asas efektif, efisien, manfaat dan tepat sasaran dalam penyusunan program. 

Lanjutnya, pengawasan atas pelaksanaan setiap proyek pemerintah dengan kualitas pengerjaan yang kurang baik dan terkesan asal jadi membuat pelayanan juga tidak optimal.

"Ini harus menjadi perhatian pemerintah kedepan. Bagaimana perencanaan dan pembangunan yang dilaksanakan lebih mementingkan asas kebermanfaatan untuk masyarakat, bukan pada kepentingan sekelompok orang semata atau hanya keinginan pemangku kekuasaan," tegasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami