Home Pemerintah Kotawaringin Timur Ratusan Orang Mendaftar Jadi Panwascam di Kotim

Ratusan Orang Mendaftar Jadi Panwascam di Kotim

  Redaksi   | Rabu , 28 September 2022
ae9c04c843125bdec87b4d3d2a2f31b6.jpg
Antrean pelamar yang mengantar berkas pendaftaran Panwascam untuk Pemilu 2024 ke kantor Bawaslu Kotim.

KLIK. SAMPIT - Sebanyak 210 orang di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah mendaftar menjadi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Umum 2024.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kotim, Muhammad Tohari mengatakan, rekruitmen Panwascam ini dilaksanakan sejak 21-27 September 2022. Adapun yang telah mendaftar ada 42 orang laki-laki dan 69 perempuan. 

Disampaikannya, saat pendaftaran pelamar cukup mudah. Mereka yang tidak bisa datang langsung ke kantor Bawaslu, bisa mengirimkan syarat pendaftaran melalui email. 

"Peserta berasal dari berbagai kecamatan yang letaknya cukup jauh dari Kota Sampit," ungkap, Rabu (28/9).

Selanjutnya, berkas pelamar yang masuk ini akan diverifikasi atau diperiksa oleh Bawaslu Kotim hingga 30 September 2022 nanti. 

Bawaslu Kotim juga akan melibatkan pegawai dinas pendidikan setempat terutama terkait pemeriksaan keabsahan berkas para peserta. 

"Setelah pemeriksaan, akan diketahui berkas memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, " ujarnya. 

Adapun jumlah Panwascam yang dicari sebanyak 42 orang untuk 14 kecamatan yang ada di Kotim. Sehingga setiap kecamatan ada tiga Panwascam nantinya. 

Disampaikan juga dalam pembentukan Panwascam ini, pihaknya juga memperhatikan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. 

Jika dari hasil pemeriksaan terdapat kecamatan yang belum memenuhi kuota minimal 2 kali kebutuhan yaitu 6 orang. Maka kecamatan tersebut akan pendaftaran diperpanjang yaitu 2-8 Oktober 2022. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami