Home News Metropolis Jalan ini Lubangnya Membahayakan Pengguna Jalan, Warga Minta Segera Diperbaiki

Jalan ini Lubangnya Membahayakan Pengguna Jalan, Warga Minta Segera Diperbaiki

  Redaksi   | Jumat , 28 Oktober 2022
f7d7505eb2b23fffaefcfc282695e6ad.jpg
Kondisi ruas Jalan Jenderal Sudirman km 2 yang berlubang rawan mengakibatkan kecelakaan.

KLIK. SAMPIT - Kerusakan sejumlah titik di Jalan Jenderal Sudirman, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai meresahkan. Pasalnya lubang yang ada kerap mengakibatkan kecelakaan pengguna jalan. 

Pantauan Klikkalteng.id saat ini di jalan tersebut mulai muncul banyak lubang tepatnya di ruas kilometer 2. Lubang yang ada di titik tersebut cukup dalam dan lebar melebar ke tengah jalan. 

"Apabila sedang padat pengendara, lubang tidak akan terlihat dari jauh apalagi saat malam hari. Sehingga rentan terjadi kecelakaan lalulintas," ungka Caca salah seorang pengguna jalan di Sampit, Jumat (28/10).

Bahkan serimg kali ada pengguna jalan, khususnya pesepeda motor sering terjatuh dan mengakibatkan luka. Kondisi ini bisa jadi malapetaka apalagi jalan tersebut merupakan salah satu jalan padat aktivitas kendaraan besar. 

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PUPRPRKP) Kotawaringin Timur (Kotim) setempat menyebutkan bahwa perbaikan jalan itu adalah kewenangan pusat, sebab jalan nasional. 

"Jalan Jenderal Sudirman pemeliharaan jalanya merupakan kewenangan pusat melalui balai jalan nasional," jelas Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPRPRKP Kaspul Zain. 

Sementara itu, Pengawas Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPRPRKP Suhardjono mengatakan, Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan nasional. 

Diungkapkannya saat ini diketahuinya sedang ada paket pekerjaan dan untuk pemeliharaannya pun tetap kewenangan balai nasional sehingga pihaknya tidak melakukan pemeliharaan di ruas jalan itu.

"Paket pekerjaan itu sudah mulai sekarang dan masih dalam pelaksanaan jadi untuk lebih jelasnya bisa konfirmasi ke pengawasnya itu dari balai" jelasnya.

Dia mengungkapkan, saat ini Dinas PUPRPRKP juga masih mengerjakan perbaikan di ruas jalan Kabupaten yang memang harus dipelihara.

"Kalau jalan kabupaten dari PUPRPRKP pemeliharaannya, seperti Jalan Ki Hajar Dewantara selain itu masih banyak jalan kabupaten yang harus kami pelihara, kita sampai kewalahan jadi kita masih fokus di ruas jalan kabupaten," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami