Home News Metropolis Mulai Bulan Depan ,Pasien Kemoterapi RSUD dr Murjani Sampit Bisa Gunakan BPJS Kesehatan

Mulai Bulan Depan ,Pasien Kemoterapi RSUD dr Murjani Sampit Bisa Gunakan BPJS Kesehatan

  Sugianto   | Kamis , 18 Mei 2023
a6a408ad170fb5f75cc036996c025fa3.jpg
Pelaksana tugas Direktur RSUD dr Murjani Sampit Sutriso saat diwawancara.

KLIK.SAMPIT- Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur dan sekitarnya. 

Mulai 1 Juni 2023, pasien kemoterapi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

"Insya Allah mulai 1 Juni 2023 untuk pasien kemoterapi bisa ditanggung BPJS Kesehatan," kata Pelaksana Tugas Direktur RSUD dr Murjani Sampit Sutriso, Rabu (17/5).

Hal ini ia sampaikan sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pelayanan RSUD dr Murjani, Sampit 

Dirinya menuturkan, Deputi BPJS hadir untuk memberi izin operasional peserta BPJS supaya mendapatkan layanan kemoterapi di RSUD dr Murjani. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) turut mendukung upaya ini dan menyarankan agar perijinan dipercepat. 

"Alhamdulillah didukung Menteri Kesehatan, mereka menyarankan supaya cepat direalisasikan," ujar Sutriso.

Lebih lanjut, ia menyampaikan untuk biaya pasien kemoterapi sangat mahal karena perawatan kanker berkelanjutan hingga bertahun-tahun. Sehingga RSUD dr Murjani Sampit mendorong BPJS untuk memberikan izin, sebab tanpa izin itu pasien BPJS tidak akan tertampung. 

"Alhamdulillah saat ini , insya Allah kita sudah bisa melayani jadi masyakarakat tidak usah jauh ke Palangka Raya," imbuhnya.

Ia menambahkan, sebagai informasi Layanan kemoterapi sudah dibuka di RSUD dr Murjani sejak tahun 2022. Selama ini hanya menampung pasien umum dengan biaya Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per paket. Rata-rata pasien kemoterapi 1-2 orang setiap bulannya yang didominasi pasien kanker payudara.

"Ada pasien kemo rata-rata 1-2 orang per bulan tetapi karena kanker ini termasuk penyakit berat, jadi paketnya lama perlu bertahun-tahun. Sehingga harapannya dengan adanya BPJS ini dapat membantu mereka," demikian Sutriso.(KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami