Home Pemerintah Kotawaringin Timur Logistik Pilkades Serentak Mulai Disalurkan ke 76 Desa di Kotim

Logistik Pilkades Serentak Mulai Disalurkan ke 76 Desa di Kotim

  Sugianto   | Rabu , 20 September 2023
a0d1ac4824f24e9335e8d93862ba9fc3.jpg
Bupati Kotim Halikinnor saat memulai menyalurkan logistik Pilkades ke 76 Desa se- Kotim secara simbolis, di halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kotim, Rabu (20/9).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Mulai menyalurkan logistik ke 76 desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2023, Rabu (20/9).

Bupati Kotawatingin Timur Halikinnor mengharapkan pemilihanPilkades secara serentak dapat berjalan lancar dan kondusif.

"Kita berharap Pilkades serentak ini bisa berjalan lancar dan kondusif sebagaimana mestinya," kata Halikinnor , di Halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kotim. 

Sementara itu diketahui, ada sebanyak 76 desa di dari 16 kecamatan di Kabupaten Kotim yang melaksanakan Pilkades yang digelar serentak 23 September 2023 mendatang.

Halikinnor berpesan kepada masyarakat dalam Pilkades yang tinggal memghitung hari ini, agar mengikuti peraturan dalam pemilihan kepala desa ini. Sehingga pilkades dapat berjalan damai.

"Karena siapapun nantinya kepala desa yang terpilih, itulah yang terbaik. Maro kita tetap ciptakan situasi yang aman dan kondusif baik sebelum maupun setelah Pilkades," ungkapnya.

Sementara itu Kepala DPMD Kabupaten Kotim Raihansyah mengatakan penyaluran logistik ini lebih cepat sehingga dapat sampai ke desa- desa yang menggelar Pilkades.

"Insya Allah Logistik ini akan sampai ke desa paling lambat tanggal 22 September 2023," Katanya.

Ancah, sapaan akrabnyanya menambahkan, saat ini merupakan masa tenang sehingga pihaknya mengimbau kepada Panpildes untuk selalu menjaga kamtibmas.

"Kami berharap semua pihak dapat menjaga kondusifitas di desa masing- masing. Terutama para calon agar berkompetisi dengan jujur, dan harus siap menerima kekalahan," kata Ancah. 

Sementara itu pihaknya juga telah menetapkan sebanyak 253 orang sebagai peserta calon kepala desa pada Pemilihan Kepala Desa Serentak 2023.

"Tercatat sebanyak 253 orang peserta calon kepala desa yang ditetapkan akan mengikuti pilkades serentak, " katanya. 

Selanjutnya, dari 76 desa yang menggelar Pilkades telah ditetapkan sebanyak 204 tempat pemungutan suara dengan 70.752 lembar surat suara. 

Penyaluran logistik ini melibatkan personel Polres Kotim dibantu personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menjamin keamanan.

"Untuk pengembalian logistik pemungutan suara itu paling lambat 30 hari sejak penetapan calon kades atau paling lambat tanggal 25 Oktober 2023," imbuhnya.

Ancah juga berharap masyarakat mendukung pelaksanaan pilkades dengan menyampaikan hak pilih sesuai dengan hati nurani. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami