Home Pemerintah Kotawaringin Timur Kotim Perlu Gali Potensi Baru untuk Meningkatkan PAD

Kotim Perlu Gali Potensi Baru untuk Meningkatkan PAD

  Sugianto   | Jumat , 08 Desember 2023
7c875d56ceace25e3af9675f1ea77b04.jpg
Bupati Kotim Halikinnor menyapa sejumlah pejabat saat mengunjungi Mal Pelayanan Publik, belum lama ini.

KLIK.SAMPIT- Kabupaten Kotawaringin Timur melalui pemerintah dan perangkatnya perlu memggali potensi-potensi baru dalam upaya meningkatan Pendapatan Aslu Daerah (PAD). 

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor pun minta Badan Pendapatan Daerah Kotim dapat menggali potensi baru sektor pajak untukeningkatkan PAD tersebut. 

"Saya mengingatkan kembali kepada Bapenda Kotim untuk dapat berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah terkait lainnya agar dapat menggali lagi wajib-wajib potensi pajak baru untuk mendongkrak PAD kita," kata Halikin, belum lama ini.

Menurutnya, PAD merupakan faktor yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Dengan ketersediaan PAD dapat mengukur seberapa besar kemampuan dalam menyelenggarakan pemerintah daerah, karena PAD menentukan kapasitas daerah dalam menjalankan fungsi pemerintahan.

Pemerintah Kabupaten Kotim melalui Bapenda akan terus berinovasi untuk dapat mengoptimalkan PAD. Dengan meluncurkan aplikasi pembayaran pajak secara online untuk memudahkan wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya di mana saja dan kapan saja.

"Menurut laporan dari Kepala Bapenda, telah terjadi peningkatan penerimaan pajak mencapai lebih 47 persen. Yang menandakan perekonomian kita normal kembali dan kesadaran masyarakat kita untuk membayar pajak meningkat," ucapnya.

Halikinnor berharap kedepannya secara bertahap jumlah wajib pajak yang terdaftar akan terus meningkat.

"Saya berharap Bappenda Kotim bisa jeli lagi dalam mendongkrak PAD kita, sehingga penerimaan PAD di Kotim pun dapat terus meningkat dan dengan begitu pembangunan di wilayah tersebut diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi," pungkas Halikin. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami