Home News Metropolis BKSDA Dukung Wacana Wisata Taman Satwa Pulau Hanibung

BKSDA Dukung Wacana Wisata Taman Satwa Pulau Hanibung

  Sugianto   | Kamis , 18 Januari 2024
a2a69e22bc099beabadaa0886c5aca2a.jpg
Komandan Pos Jaga Sampit Muriansyah, saat survei ke Pulau Hanibung, belum lama ini.

KLIK.SAMPIT- Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Kalimantan Tengah melalui BKSDA Pos Jaga Sampit memyambut baik wacana wisata satwa Pulau Hanibung oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. 

BKSDA menilai potensi Pulau Hanibung yang berada di Desa Camba, Kecamatan Kota Besi, Kotim, layak menjadi destinasi wisata taman satwa. 

"Kalau hasil penilaian kami, Pulau Hanibung dilihat sekilas memang layak untuk dijadikan lokasi wisata," kata Komandan Pos Jaga Sampit Muriansyah saat melakukan survei Pulau Hanibung, belum lama ini.

Menurutnya, lokasi tersebut memang sangat memungkinkan ataupun layak untuk dijadikan taman satwa. Pihaknya beserta pemerintah Kabupaten setempat nantinya akan melakukan tinjau lanjutan tekait potensi vegetasi yang ada di areal tersebut.

Pihaknya juga sudah melakukan konfimasi beberapa hari lalu kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti rencana pembuatan wisata satwa ini.

"Kami sudah berkoordinasi ke pimpinan melalui rapat kemarin dan pimpinan kami sangat mendukung," ujarnya

Dia juga menambahkan, selama ini satwa liar yang dievakuasi oleh pihaknya di wilayah Kotim langsung dibawa ke Kabupaten Kobar. Namun nanti dengan terwujudnya wisata satwa tersebut akan dipindahkan semua satwa ke Pulau Hanibung.

"Kami melihat vegetasi tepi sungai di Pulau Hanibung cukup berpotensi untuk satwa liar seperti burung jenis kukas, tenggiling dan lainnya. Begitupun dengan buaya karena keterangn yang kami survei ada beberapa jenis buaya yang berlindung dan berjemur di sana. Namun nanti survei lanjutan dari dinas terkait," pungkas Muriansyah. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami