Home News Politik Pengamat Politik : Harati Jilid 2 Dinilai Punya Banyak Keunggulan dari Calon Lain

Pengamat Politik : Harati Jilid 2 Dinilai Punya Banyak Keunggulan dari Calon Lain

  Sugianto   | Jumat , 10 Mei 2024
93b8e64bdc55d7608272bd9943f269fa.jpg
Pasangan Harati bersama usai menyerahkan berkas pendaftaran di DPC PDIP Kotim.

KLIK.SAMPIT- Pengamat Politik Kabupaten Kotawaringin Timur Wira Prakasa Nurdia menilai pasangan Harati Jilid 2 (Halikinnor dan Irawati) memiliki keunggula sebagai petahana pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

"Saya menilai pasangan petahana Harati memiliki keunggulan dan ini tentu memengaruhi hasil perolahan Pilkada nantinya," ucapnya, Jum'at (10/5). 

Ia membeberkan keunggulan yang dimiliki pasangan Harati, yakni pertama adalah pengalaman. Petahana memiliki pengalaman dalam menjalankan tugas-tugasnya, yang bisa menjadi keuntungan dalam memenangkan dukungan dari pemilih.

"Tentunya dengan pengalaman ini menjadi modal di mata masyarakat kemampuan dan integritas mereka tidak diragukan lagi dalam pemerintahan," ujarnya.

Lanjutnya, kedua, peningkatan nama. Menurutnya, Selama masa jabatannya pasangan petahana memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dirinya kepada pemilih dan membangun reputasi yang kuat, yang bisa membuatnya lebih dikenal dan dipercaya oleh pemilih.

"Mereka sudah memiliki nama yang melekat di hati masyarakat dan tentunya akan membuat pemilih lebih mengenal dan percaya dengan Harati," sambungnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, ketiga, pasangan Harati juga sudah memiliki sumber daya. Petahana sering memiliki akses yang lebih besar terhadap sumber daya kampanye, termasuk dana, dukungan politik, dan infrastruktur yang bisa digunakan untuk memenangkan pemilihan.

Kendati demikian, menurutnya, penting untuk diingat bahwa keunggulan petahana tidak selalu menjamin kemenangan tanpa adanya upaya dan keseriusan dalam kompetisi Pilkada. 

"Seperti yang saya sebutkan di atas pentingnya upaya yang masif dalam persiapan Pilkada mendatang. terutama jika ada ketidakpuasan besar masyarakat Kotim terhadap kinerja petahana atau jika terjadi perubahan signifikan dalam preferensi pemilih," Imbuh Wira.

Diberitakan sebelumnya, pasangan Harati jilid 2 resmi mendaftar sebagai bakal calon Bupati dan wakil Kotim, mereka menjadi pendaftar pertama ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kotim dan ini menandakan pasangan Harati bakal lanjut lagi.

Pendaftaran Harati itu diterima oleh sekretaris DPC PDIP Kotim Alexius Esliter, di Kantor Sekretariat DPC PDIP Kotim, Kamis (9/5). (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami