Home Pemerintah Kotawaringin Timur Bupati Inginkan Food Estate Dibangun di Kotim

Bupati Inginkan Food Estate Dibangun di Kotim

  Redaksi   | Kamis , 24 Juni 2021
b55acf2f5217b76a30623958c6b57062.jpg
Bupati Kotim, Halikinnor, saat menghadiri acara panen raya padi di Kelurahan Kotabesi Hulu, Kecamatan Kotabesi, beberapa waktu lalu.

KLIK. SAMPIT— Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor, menginginkan, pembangunan food estate juga ada di Kotim. Sebab Kotim juga merupakan daerah penghasil beras, sehingga dinilai layak untuk dibangun food estate.

“Potensi pertanian di Kotim luar biasa, bahkan sumber daya manusianya (SDM) juga luar biasa. Sehingga saya yakin food estate dibangun di Kotim, dapat berkembang,” terang Halikin.

Halikin mengatakan, saat kunjungan kerja ke Jakarta, dirinya sempat bertemu dan menyampaikan keinginannya itu kepada Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan (LHK), Alue Dohong, yang merupakan putra daerah kelahiran Tumbang Kalang, Kecamatan Antang Kalang, Kotim.


"Saya sudah bertemu Wakil Menteri LKH, kebetulan putra daerah jadi mudah untuk menyampaikan keinginan. Saya sampaikan membangun food estate di Kotim, jangan hanya di Kapuas dan Pulang Pisau saja," ujar Halikinnor.

Halikinnor mengatakan potensi SDA yang melimpah di Kotim, menjadi alasan dirinya ingin agar food estate yang merupakan program dari pemerintah pusat itu, juga bisa dibangun dan dikembangkan di kabupaten ini.

"Seperti di wilayah selatan yang selama ini dikenal sebagai lumbung padi di Kotim, wilayah itu memiliki potensi yang sangat besar di sektor pertanian," terangnya.

Tidak hanya di wilayah selatan, pihaknya juga terus mengembangkan potensi yang ada di wilayah utara untuk mendorong agar program food estate juga bisa dibangun di Kotim, apalagi saat ini banyak pengajuan untuk cetak sawah di wilayah tersebut.

Menurutnya potensi di Kotim harus dimaksimalkan, sebab jika dilihat dari tata ruang wilayahnya hampir seluruh kecamatan memiliki potensi untuk pengembangan program food estate.

Jika nantinya Kotim dijadikan sebagai lokasi pembangunan dan pengembangan food estate, diharapkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat. Menyerap tenaga kerja, dan meningkatkan tarap hidup masyarakat. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami