Home DPRD Kotawaringin Timur Sektor Pertanian di Kotim Harus Diperhatikan

Sektor Pertanian di Kotim Harus Diperhatikan

  Redaksi   | Jumat , 20 Agustus 2021
4ace3561e5084b1880fa1c56dea8e083.jpg
Ketua DPRD Kotim, Rinie Anderson.

KLIK. SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta meningkatkan ketahanan pangan dengan memerhatikan sektor pertanian. Sebab peningkatan produksi pertanian akan membawa dampak baik terhadap kesejahteraan petani di daerah itu.

"Kami di DPRD Kotim akan mendorong pemerintah daerah agar pada anggaran untuk 2022 nanti harus memperhatikan kendala dan persoalan di sentra pertanian. Khususnya di beberapa kecamatan di wilayah Kotim ini," kata Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rinie Anderson, Jumat (20/8).

Diakuinya, sektor pertanian ini kebanyakan dari wilayah Selatan Kotim. Hal ini harus didukung, terlebih lagi pemerintah kini tengah menggodok Peraturan Daerah Cadangan Pamgan cadangan pangan.

Terkait hal itu, tentu masalah peningkatan produktivitas itu mulai dari perluasan areal tanam, penggunaan alat produksi pertanian, hingga bibit berkualitas dan pemupukan sesuai kebutuhan sehingga hasilnya terus meningkat nantinya.

"Selain petani bisa sejahtera, cadangan ketahanan pangan pun akan bisa tercapai. Karena di Kotim sendiri ada 2 bencana yang memang sering menghantui, yakni musibah banjir dan kebakaran," katanya.

Menurutnya dengan ketahanan pangan baik, jika ada musibah tentu dengan mudahnya mengambil cadangan tersebut. Oleh karena itu, peningkatan produksi pertanian sangat penting sekali dibenahi.

"Terlebih saat pandemi Covid-19 saat ini seperti sekarang ini, upaya ini juga sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan daerah," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami