Home DPRD Kotawaringin Timur Dewan Menilai Kotim Masih Berpeluang Optimalkan PAD

Dewan Menilai Kotim Masih Berpeluang Optimalkan PAD

  Dimas Suma Fember   | Senin , 07 Maret 2022
697dab27146e0110342bf08eb887716b.jpg
Anggota DPRD Kotim, Ardiansyah.

KLIK.SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Ardiansyah menilai Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, masih berpeluang mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sektor. 

"Masih ada peluang-peluang untuk mengoptimalkan PAD, meski di tengah pandemi saat ini. Apalagi pemulihan ekonomi terus berjalan dan membaik.

Makanya kami mendorong agar SOPD (satuan organisasi perangkat daerah) lebih kreatif,” ujarnya, Senin (7/3).

Ia pun sependapat dengan Bupati Kotim Halikinnor bahwa saat ini pemerintah daerah membutuhkan pimpinan SOPD yang punya terobosan agar tetap maksimal meski di tengah keterbatasan yang ada. Untuk itu ia meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi capaian target perolehan PAD di setiap SOPD nantinya.

"Dengan adanya evaluasi tersebut diharapkan dapat diketahui kendala yang dihadapi oleh SOPD yang bersangkutan," kata Ardiansyah. 

Diketahui, komposisi APBD 2022 Kotim yaitu pendapatan sebesar Rp 1,8 triliun lebih yang terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp 345 miliar pendapatan transfer sebesar Rp1,4 triliun serta lain­ lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 75 miliar. 

Adapun belanja sebesar Rp 1,9 triliun , terdiri dari belanja operasi sebesar Rp 1,2 triliun belanja modal sebesar Rp 427 miliar, belanja tidak terduga sebesar Rp 5 miliar dan belanja transfer sebesar Rp253 miliar. 

Defisit diperkirakan sebesar Rp 63 miliar atau sebesar 3,38 persen. Perkiraan penerimaan pembiayaan sebesar Rp 77 miliar, perkiraan pengeluaran pembiayaan Rp14 miliar dan pembiayaan netto sebesar Rp 63 miliar (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami