Home DPRD Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Harus Aktif Bina Koperasi

Pemkab Kotim Harus Aktif Bina Koperasi

  Dimas Suma Fember   | Selasa , 08 Maret 2022
f22b45836b8131251b3274dbb81d4b2a.jpg
Anggota DPRD Kotim, Darmawati.

KLIK. SAMPIT -  Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta aktif membina koperasi di daerah itu. Ini penting agar koperasi selalu aktif dan mandiri. 

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Darmawati mengingatkan pemerintah melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah secara rutin mengawasi dan mengevaluasi koperasi yang ada saat ini.

Menurutnya itu penting ujarnya, bagi pemerintah untuk tujuan pembinaan. Jika ada koperasi yang mengalami kendala, maka pemerintah daerah bisa membantu membimbing agar koperasi tersebut kembali aktif dan mandiri.

"Begitu pula jika ditemukan ada koperasi yang terindikasi tidak sehat atau bahkan melanggar aturan, maka tindakan tegas harus diambil agar keberadaan koperasi tersebut tidak merugikan masyarakat, khususnya anggota koperasi," ujarnya, Selasa (8/3).

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kotim, pada 2021 lalu ada sekitar 300 koperasi terdaftar di daerah ini, namun sebagian vakum karena berbagai kendala.

"Jenis koperasi yang saat ini mendominasi adalah koperasi yang bermitra dengan perusahaan, khususnya plasma sawit. Koperasi jenis ini menjadi jembatan antara petani plasma dengan perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit," sebutnya.(KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami