Home DPRD Kotawaringin Timur Wirausaha Sangat Penting dalam Pembangunan Pertanian di Kotim

Wirausaha Sangat Penting dalam Pembangunan Pertanian di Kotim

  Dimas Suma Fember   | Rabu , 04 Mei 2022
45c362cadace997352084b93a42abcda.jpg
Ketua Komisi II DPRD Kotim, Juliansyah.

KLIK.SAMPIT - Sektor kewirausahaan akan sangat berpengaruh dalam pembangunan pertanian di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Bahkan merupakan suatu hal yang penting bagi nilai tambah ekonomi. 

 Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotim, Juliansyah mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bisa dikucurkan untuk membuka lahan dan penyediaan bibit untuk bercocok tanam.

Ia menilai, selama ini masyarakat enggan bercocok tanam, karena kendala di sistem pembukaan lahan yang masih tradisional. Banyak yang masih mengandalkan dengan cara sistem bakar. Di satu sisi cara itu sudah tidak diizinkan, hingga akhirnya masyarakat memilih untuk membiarkan lahan mereka.

“Tapi kalau dibantu pemerintah saya yakin lahan tidur yang selalu jadi santapan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) setiap tahunnya bisa berkurang,“ujarnya, Rabu (4/5).

Apalagi ujarnya, Kementerian Pertanian kian serius untuk melahirkan wirausaha milenial dari sektor pertanian. Setelah Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP), Kementan bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) akan menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS). 

"Wirausaha sangat penting dalam pembangunan pertanian. Seperti kita tahu, nilai tambah ekonomi itu ada pada pengolahan (processing), bisa mencapai 100 persen. Makanya, kita harus mengedukasi generasi sekarang (milenial) bahwa berusaha di sektor pertanian sangat menguntungkan,"ungkapnya.

Apalagi tambahnya, jika di hulu (budidaya) menggunakan pertanian modern dan di hilir (pengolahan) menggunakan teknologi canggih untuk pengemasan (packaging). Sehingga nilai komoditas tersebut naik 50-100 persen, bahkan 200 persen. (KLIK-RED /*)

Editorial :
Redaksi

Baca Juga

Ikuti Kami