Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Fokuskan Peningkatan Ekonomi Daerah

Pemprov Kalteng Fokuskan Peningkatan Ekonomi Daerah

  Redaksi   | Sabtu , 11 Juni 2022
66990267890038c61909d153ab3b6cf1.jpg
Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo.

KLIK. PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menegaskan, pemerintah provinsi tengah memfokuskan program pendukung untuk peningkatan ekonomi daerah, yang salah satunya dengan memacu akselerasi investasi daerah dan realisasi Program Strategis Nasional (PSN).

Berdasarkan data terbaru, ekonomi Kalteng memang bertumbuh positif sejak akhir tahun 2021 hingga triwulan satu tahun 2022. Hanya saja program untuk memacu pertumbuhan ekonomi masih perlu dipacu guna mendorong peningkatan yang lebih signifikan pada triwulan berikutnya.

"Agar program-program strategis pembangunan tersebut dapat berjalan baik dan sukses, kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Perlu dukungan, kolaborasi, dan sinergi kuat dari seluruh pemangku kepentingan," kata dia.

Ia mengakui, bahwa tngginya pertumbuhan ekonomi Kalteng ditopang oleh kinerja ekspor yang tumbuh sebesar 14,76 persen. Sementara itu, dari sisi lapangan usaha, sektor pertambangan tumbuh 26,80 persen. 

Maka dari itulah pemerintah terus mendorong akselerasi investasi daerah dan mendukung pengembangan PSN Kalteng yang akan berdampak pada ekonomi daerah, diantaranya, food estate, shrimp estate, kawasan industri, kawasan ekonomi khusus, dan pembangunan pelabuhan utama.

"Terobosan strategis lainnya melalui program multiyears untuk pembangunan dan peningkatan ruas jalan, membuka isolasi daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," katanya menambahkan. 

Tidak sampai di situ, pemerintah juga memacu pertumbuhan ekonomi dengan tetap berfokus pada pengembangan potensi sumberdaya alam yang melimpah serta mendukung pariwisata daerah yang saat ini tengah tumbuh, seiring dengan kebijakan pelonggaran mobilitas masyarakat.

"Banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi daerah kita. Jadi tinggal bagaimana kita manfaatkan saja dengan kerja sama berbagai pihak," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami