Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Usulkan Program Prioritas Nasional

Pemprov Kalteng Usulkan Program Prioritas Nasional

  Redaksi   | Jumat , 20 Mei 2022
36765923183082c4175371f7c1fccc87.jpg
Sekda Kalteng, Nuryakin.

KLIK. PALANGKA RAYA - Sekda Kalteng, Nuryakin menegaskan, pemerintah provinsi telah menyampaikan sejumlah usulan program prioritas nasional saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Regional (Musrebangreg), yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sekda memaparkan usulan yang disampaikan pemerintah provinsi meliputi pembangunan Dermaga Sei Ijum serta Pembangunan Dermaga Basirih dan Bapinang tahap III di Kabupaten Kotawaringin Timur, Pembangunan Dermaga Lupak Dalam Kapuas Kuala, dan Pembangunan Pelabuhan Bahaur di Kabupaten Pulang Pisau. 

"Serta usulan peningkatan layanan angkutan udara perintis di Kabupaten Seruyan, dan pembangunan Dermaga Sungai Kumai di Kumai Hilir dan Sei Kapitan tahap III di Kabupaten Kotawaringin Barat," kata dia.

Dari sekian banyak usulan itu, dapat dipahami bahwasanya pemerintah provinsi menekankan beberapa hal yang terkait dengan sektor perhubungan. Semua infrastruktur itu diharapkan menjadi program prioritas nasional untuk mendukung ibu kota negara di Kalimantan Timur.

"Karena konektivitas antar wilayah dan ketersediaan dermaga sangat penting untuk kebutuhan fasilitasi arus orang dan barang," ucapnya. 

Ditegaskannya, dengan terbangunnya sektor perhubungan akan menjadi daya ungkit perekonomian yang signifikan, dan tentu hal tersebut merupakan bagian dari kesiapan menyambut ibu kota negara yang baru di Nusantara.

Nuryakin menegaskan bahwa kesiapan Kalteng dari berbagai aspek adalah sebuah keniscayaan yang harus dipersiapkan dengan baik, sehingga ke depannya bisa menjadi provinsi penyangga yang dapat mendukung pembangunan di Nusantara.

"Di sisi lain bisa menjadi persoalan apabila kita tidak siap, untuk itu kita harus mampu menangkap kesempatan tersebut menjadi peluang positif dari semua aspek bagi Kalteng," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami