Home Pemerintah Kotawaringin Barat Ikuti Ajang AOE 2022, Pemkab Kobar Pamerkan Komoditas Unggulan dan Potensi Daerah

Ikuti Ajang AOE 2022, Pemkab Kobar Pamerkan Komoditas Unggulan dan Potensi Daerah

  Redaksi   | Senin , 25 Juli 2022
ceb4bab16232b8edd5a4df006316af90.jpg
Perwakilan Pemkab Kobar saat mengikuti Pameran Komitas Unggulan dan Potensi Daerah.

KLIK.PANGKALAN BUN - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022. Kegiatan ini merupakan pameran komoditi unggulan dan potensi daerah dari seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Kegiatan AOE 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada Rabu (20/7) lalu. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan sejumlah duta besar maupun perwakilan negara sahabat, gubernur dari beberapa daerah serta ratusan bupati dari seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu daerah yang memiliki komoditas unggulan dan potensi serta peluang investasi di berbagai sektor, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) turut andil dalam mempromosikan komoditas unggulan daerah serta potensi dan peluang investasi yang ada di Kobar dalam ajang pameran AOE 2022 tersebut .

Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam laporannya menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada AOE 2022 adalah Pemulihan Ekonomi Daerah melalui Jejaring Global yang sejalan dengan tema Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yakni Recover Together, Recover Stronger. 

“Apkasi memiliki tanggung jawab moral untuk terus menjaga dan mendorong agar momentum pemulihan perekonomian nasional untuk terus membaik pascapandemi Covid-19, " katanya. 

Ini merupakan salah satu strategi pihaknya dalam pemulihan ekonomi daerah. Diharapkan peningkatan transaksi pada sektor perdagangan di berbagai komoditas unggulan daerah kabupaten. 

"Serta semakin meningkatnya arus investasi yang mengalir ke kabupaten seluruh Indonesia,”ungkap Sutan Riska, yang juga merupakan Bupati Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat itu. 

Dalam sambutannya, Tito Karnavian menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan AOE 2022. Melalui AOE ini potensi daerah yang dimiliki kabupaten-kabupaten dapat dilihat dan dilirik oleh calon investor. 

“Kegiatan seperti ini harus dijalankan secara terus-menerus guna menjaring investor dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi ke daerah-daerah,” kata Tito.

Dalam kesempatan yang sama, Mendagri mengajak seluruh pemerintah kabupaten untuk terus mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerahnya masing-masing.

Menurut Tito, sektor UMKM ini merupakan sektor ril yang paling konsisten dalam mendukung perekonomian semasa pandemi.

“Saya berharap seluruh UMKM yang ada di daerah seluruh Indonesia mampu bertahan dan berkembang maju dengan Go Digital, sehingga produk dari UMKM daerah mampu Go Internasional,” ungkap Tito.

Di tempat terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kobar, Tengku Ali Syahbana mewakili Pj Bupati pada pembukaan AOE 2022 menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas keikutsertaan Pemkab Kobar melalui Dinas PMPTSP Kobar memamerkan komoditi unggulan dan potensi daerah di ajang AOE 2022.

“Saya berharap dengan kita mengikuti kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2022 ini mampu untuk menarik para calon investor untuk berinvestasi ke Kabupaten Kotawaringin Barat," katanya. 

Selain itu, mampu menggandeng para UMKM untuk mengembangkan produknya kancah nasional dan bisa go digital sesuai arahan Mendagri. 

"Sehingga produk UMKM kita bisa semakin dikenal dalam negeri dan luar negeri," imbuhnya. 

Beberapa komoditas yang dipamerkan oleh DPMPTSP Kobar seperti produk pangan (olahan hasil pertanian, perikanan dan perkebunan), CPO dan turunannya, sektor pariwisata dan produk UMKM.

Pada penutupan AOE 2022, Jumat (22/7) Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, masyarakat patut mensyukuri keadaan yang telah membaik karena semakin hari pandemi Covid-19 telah melandai dan telah masuk kategori endemi. sehingga kegiatan AOE tahun ini dapat berlangsung dengan ramai.

“Selain itu juga kita patut bersyukur karena ekonomi Indonesia tumbuh di atas 5 persen dibandingkanp dengan negara lain yang pertumbuhan ekonomi tidak sampai pada angka 5 persen,” kata Zulkifli. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami