Home DPRD Kotawaringin Timur Pemdes di Kotim Harus Sadar Potensi Kebun Kas Desa

Pemdes di Kotim Harus Sadar Potensi Kebun Kas Desa

  Dimas Suma Fember   | Senin , 19 September 2022
9fc23b255fbb0129334c2dec1c5d6c5f.jpg
Anggota DPRD Kotim, Riskon Fabiansyah.

KLIK. SAMPIT­ - Pemerintah desa (Pemdes) di seluruh Kabupaten Kotawaringin Timur diharapkan menyadari potensi pembangunan kebun kas desa. Pasalnya program ini dapat membantu meningkatkan pendapatan asli desa. 

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Riskon Fabiansyah menyatakan, pembangunan kebun kas desa berpotensi membantu mendongkrak pendapatan asli desa. Sehingga mampu meningkatkan pembangunan.

"Saya berharap,desa yang sudah menerapkan sistem ini menjadi contoh bagi desa lainnya untuk menuju desa yang mandiri dari sisi pemasukan kas desa," kata Riskon, Senin (19/9).

Saat ini untuk wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang sudah menikmati hasil dari program tersebut adalah Desa Bengkuang Makmur dan Kelurahan Pasir Putih, yang sudah digagas mulai tahun 2019. 

Terkait kebun kas desa lanjut Riskon, pembangunannya sangat potensial bagi desa di sekitar perusahaan perkebunan. Hasilnya nantinya untuk membantu program pembangunan di desa yang tidak terdanai oleh APBD. 

"Kita berharap peluang ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah desa, dengan melihat potensi lainnya cukup banyak yang bisa digarap oleh masing­masing desa," tegasnya.

Menurutnya, hal ini menjadi salah satu awal yang baik untuk desa, sehingga kedepannya desa bisa menghasilan pendapatan aslinya untuk menambah sumber-­sumber pembiayaan pembangunan di tingkat desa. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami