Home Pemerintah Kotawaringin Timur Tahun 2023, Akan Ada Pembangunan Lima Pabrik Baru di Kotim

Tahun 2023, Akan Ada Pembangunan Lima Pabrik Baru di Kotim

  Redaksi   | Sabtu , 24 Desember 2022
6d807a7d1b7790cd76011e271e2fdda0.jpg
Bupati Kotim Halikinnor saat diwawancara belum lama ini.

KLIK.SAMPIT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) akan membangun lima pabrik dalam tahun 2023 mendatang. Pabrik-pabrik tersebut diyakini sangat diperlukan di daerah itu. 

Adapun pabrik yangvakan dibangun adalah pabrik es balok hingga pengolahan limbah medis. 

"Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik limbah medis yang belum ada di Kalimantan Tengah," kata Bupati Kotim Halikinnor, baru-baru ini. 

Pembangunan pabrik tersebut diharapkan mampu mengubah limbah yang selama ini dianggap menjadi momok masyarakat. 

Selanjutnya, Pemkab Kotim juga akan membangun pabrik es balok. Karena es batu balok ini sangat dibutuhkan oleh para nelayan dan pedagang ikan di wilayah tersebut. 

"Selama ini kita kekurangan es batu. Kapasitas pembuatan es batu saat ini hanya sekitar 300 balok per hari. Sementara kebutuhan 1.500 balok es," sebutnya. 

Hal itu membuat banyak nelayan yang tidak melaut karena khawatir hasil tangkapannya tidak dapat bertahan cukup lama karena kurangnya es batu. Diketahui es batu selama ini berfungsi untuk mempertahankan ikan agar tidak mudah busuk. 

"Ketiga, sudah saya anggarkan untuk pembangunan pabrik pakan. Karena kesulitan kita itu diharga pakan yang mahal, makanya ikan di sini mahal. Terus tambak atau petani ikan kita hampir tidak ada untungnya. Insyaallah tahun depan sudah jadi," ujarnya. 

Sementara Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kotim Susilo terlibat dalam perencanaan pembangunan pabrik menyebutkan ada lima yang akan dibangun pada tahun 2023 nanti. 

"Pabrik pakan ikan, ternak, es batu, pengolahan limbah medis dan refinery. Itu akan dibangun tahun depan," sebutnya. 

Pembangunan pabrik tersebut semuanya dananya dari investor. Pemda hanya memfasilitasi serta perizinannya. Ditargetkan pembangunan rampung pada tahun itu juga. 

"Selesainya pada tahun 2023. Karena setiap pabrik investornya beda-beda jadi cepat saja selesainya," tutupnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami