Home Pemerintah Kotawaringin Barat Alhamdulillah.. Kuota Haji untuk Kobar Kembali Normal

Alhamdulillah.. Kuota Haji untuk Kobar Kembali Normal

  Redaksi   | Rabu , 18 Januari 2023
374611b9d8b6d93225c53caf61402f01.jpg
Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Barat Mulyono.

KLIK. PANGKALAN BUN - Kementerian Agama (Kemenag) Kotawaringin Barat Mulyono, memastikan kuota haji untuk kabupaten itu akan kembali normal, tanpa ada pembatasan seperti pada masa pandemi Covid-19 di tahun sebelumnya. 

"Untuk perkembangan informasi ibadah haji tahun ini, akan kembali normal seperti semula. Tidak ada pembatasan seperti pada tahun kemarin yang hanya sebesar 40 persen Jemaah Haji yang berangkat, " kata Kepala Kantor Kemenag Kobar Mulyono, Rabu (18/1). 

Mulyono berani memastikan lantaran Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi, di Jeddah belum lama ini. Salah satu isi kesepakatan yang ditandatangani tersebut adalah mengenai kuota haji Indonesia pada tahun 2023 ini. 

Secara nasional, jumlah kuota haji tahun ini adalah sebesar 221.000 jemaah. Dengan rincian, untuk jemaah haji reguler sebanyak 203.320 orang dan jemaah haji khusus sebanyak 17.680 orang. 

Dengan kebijakan tersebut, maka kuota jemaah haji asal Kobar kembali normal. Sebelumnya sempat ada pembatasan usia, sehingga tidak memenuhi jumlah kuota yang ditentukan. 

Disampaikan bahwa untuk kuota normal, Calon Jemaah Haji asal Kobar yang akan berangkat seperti tahun-tahun sebelumnya adalah sebanyak 147 orang. 

"Untuk kuota normal di Kobar adalah sebanyak 147 CJH yang akan berangkat," terang Mulyono 

Selain itu, juga pada pada tahun ini juga tidak ada pembatasan usia jemaah. Sebelumnya pada tahun 2022 lalu, ada pembatasan usia jemaah haji di bawah 65 tahun oleh Pemerintah Arab Saudi. 

"Pada tahun ini juga tidak ada pembatasan usia, artinya jemaah haji usia 65 tahun ke atas juga dapat berangkat melaksanakan ibadah haji," ungkapnya. 

Sebagai persiapan, dari jumlah Calon Jemaah Haji yang akan berangkat tersebut, saat ini dalam pemeriksaan kesehatan. 

"Dari 147 Calon Jemaah Haji yang akan berangkat ini sudah kami panggil untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatannya," pungkasnya. 

Diinformasikan, untuk pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Mei tahun 2023. 

Calon Jemaah Haji asal Kobar masuk dalam kloter pemberangkatan embarkasi Banjarmasin-Kalimantan Selatan. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami