Home Pemerintah Kotawaringin Barat Masih Banyak Warga Pangkalan Bun Buang Sampah Sembarangan

Masih Banyak Warga Pangkalan Bun Buang Sampah Sembarangan

  Redaksi   | Minggu , 10 Juli 2022
8a3800b78abc956074b8a802cd93de2c.jpg
Tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum warga, di salah satu ruas jalan di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Meski dikenal sebagai kota kecil terbersih dan kerap mendapat penghargaan Adipura, namun nyatanya masih banyak warga Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, yang membuang sampah sembarangan. 

Hal itu diakui Arif, salah seorang warga di Jalan Bhayangkara desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Sampai sekarang masih banyak orang buang sampah, kadang enggak peduli sama lingkungan, dia main lempar sampah dari atas motor," kata Arif ketika ditanya, Minggu (10/7).

Arif mengatakan, ia sering melihat petugas kebersihan untuk memunguti sampah dengan keranjang dan menyapu, warga yang lewat tiba-tiba membuang sampah ke tepi jalan. 

"Alasannya jelas buang sampah sembarangan pun membuat hati para pasukan oranye terluka, ya kan mas," katanya balik tanya. 

Arif mengatakan berbagai upaya telah dilakukan untuk menghentikan aksi nakal warga. Cara persuasif seperti mengundang warga dan tokoh masyarakat telah dilakukan. 

"Kalau saya lihat sepertinya bukan warga sini yang buang sampah, mereka membuang sampahnya malam hari, biasanya di atas jam 21.00," keluhnya.

Bahkan dulu juga pernah dibentuk Satgas oleh desa. tapi sejauh ini belum ada yang ketangkap, pada ngumpet dan kabur waktu disamperin. 

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) DLH Kobar, Muhamad Suhendra mengatakan, sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia. Tidak hanya di negara-negara berkembang, tetapi juga di negara-negara maju, sampah selalu menjadi masalah. 

Sampah-sampah itu seharusnya dibuang ke tong sampah. Biar nanti diangkut petugas pengangkut sampah yang nantinya dibawa ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sampah yang ada di TPA nantinya diolah, atau dihancurkan , dibentuk kembali menjadi bahan yang berguna.

Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan.

"Maka dari itu, mulai sekarang marilah kita membiasakan diri untuk tidak membuang sampah. Apa sih susahnya membuang sampah pada tempatnya? Hanya mengantongi sampah saja, membawa ke tong sampah, itu mudah banget dan memberikan pengaruh efek kebaikan yang besar," kata Muhammad Suherlan.

Pengendalian sampah yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menumbuhkan kesadaran dari dalam diri sendiri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah. Mulailah tanamkan niat, bahwa, ‘’Aku harus membuang sampah pada tempatnya. 

Selain itu diperlukan juga kontrol sosial budaya masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan agar bijak menggunakan kantong kresek sekali pakai. Selain itu buanglah sampah pada tempat dan waktu yang telah ditentukan. 

"Lalu pilih-pilah olah sampah langsung dari sumbernya," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami