Home Pemerintah Murung Raya SDM Pengelola Arsip di Murung Raya Perlu Ditingkatkan

SDM Pengelola Arsip di Murung Raya Perlu Ditingkatkan

  Redaksi   | Sabtu , 02 Desember 2023
43d73eaa910a6b1f69d8bbabfda7caaf.jpg
Pelaksana Tugas Sekda Murung Raya Serampang saat menyampaikan sambutan.

KLIK. PURUK CAHU -  Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Murung Raya Serampang menyatakan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola kearsipan sangat penting bagi suatu lembaga pendidikan, Jumat (1/12).

“Lembaga pendidikan perlu meningkatkan kompetensi SDM pengelola kearsipan yang ada. Hal ini bertujuan agar dokumen penting terpelihara oleh pengelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti menghindari kemungkinan hilang sulit ditemukan atau rusak ,” kata Serampang.

Sebab, arsip menurutnya adalah catatan yang digunakan sebagai memori kolektif suatu lembaga atau institusi dan manajemen arsip di lembaga pendidikan sangat penting dan wajb dilakukan.

“Tujuannya adalah untuk menyatukan informasi, memudahkan akses dan penemuan kembali informasi, mengamankan arsip, serta meningkatkan pemanfaatan dan pendayagunaan arsip,” tegasnya.

Ia juga menyebutkan kinerja suatu lembaga pendidikan dapat dilihat dari arsip yang dimilikinya baik dari dokumen administrasi dan akademis serta karya ilmiah yang harus dijaga keasliannya yang merupakan contoh arsip yang penting.

“Dan saya tegaskan bahwa Pasal 84 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 menyatakan bagi pejabat yang dengan sengaja tidak melaksanakan pemberkasan dan pelaporan arsip sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 43 ayat (1) tentang kearsipan terdapat konsekuensi/sanksi, dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun,” tutup Serampang . (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami