Home News Metropolis Tips Sehat Berpuasa bagi Ibu Hamil

Tips Sehat Berpuasa bagi Ibu Hamil

  Sugianto   | Minggu , 17 Maret 2024
0ae77904fd43c908991647030b552491.jpg
Ilustrasi. (Microsoft)

KLIK.SAMPIT- Ahli gizi Rumah Sakit Umum Daerah dr Murjani Sampit, Bella Agustinia mengingatkan ibu hamil untuk memperhatikan kandungan gizi ketika berpuasa demi kesehatan diri dan janinya.

"Penting untuk memastikan kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan agar tetap mendapatkan kebutuhan nutrisi dan kecukupan gizi harian sehingga aman untuk menjalankan puasa," ucap Bella, Sabtu (16/3).

Bella menyarankan ibu hamil agar mengonsumsi karbohidrat kompleks pada saat sahur seperti nasi merah, roti gandum, oat atau sereal, hingga kentang. Selain itu, ibu hamil juga diminta mengonsumsi protein nabati, protein hewani, lemak sehat, hingga sayur dan buah, serta air putih yang cukup. 

"Saat makan sahur susunan hidangan makanan yang cukup seperti nasi, lauk hewani, tempe /tahu, sayuran, buah dan air putih yg cukup," ujar dia

"Jangan terburu- buru menyantap makanan serta minum suplemen tambah darah dan multivitamin yang diresepkan dokter/ bidan," sambung dia.

Selain itu Bella juga menyarankan pada ibu hamil saat berbuka puasa dengan makanan yang hangat dan manis. Jangan langsung minum air karena bisa menyebabkan kembung akibat asam lambung yang meningkat serta jangan langsung memakan makanan yang berat.

"Sebaiknya berikan jeda dengan salat magrib sehingga pencernaan tidak bekerja dengan keras setelah berpuasa seharian," terang dia.

Selain itu menurut Bella, selama bulan Ramadan pola makan 3 kali sehari tetap bisa dilakukan pada ibu hamil. Seperti dengan makan-makanan ringan seperti roti, puding, atau susu ibu hamil setelah salat Tarawih atau sekitar jam 9 malam. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami