Home News Metropolis Waspada Banjir! Dalam Sepekan ke Depan Kotim Berpotensi Diguyur Hujan

Waspada Banjir! Dalam Sepekan ke Depan Kotim Berpotensi Diguyur Hujan

  Sugianto   | Senin , 25 Maret 2024
8c8bb916284eb046b9ae73b99dc5b9a5.jpg
Banjir di Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi, beberapa waktu lalu.

KLIK.SAMPIT - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)Stasiun Meteorologi Klimatologi Haji Asan Sampit, memprediksi adanya potensi curah hujan di beberapa wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur. Sejumlah wilayah masih berpotensi hujan sedang hingga lebat. 

Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap bencana banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan di daerah itu.

"Potensi hujan sedang hingga lebat di Kotim bakal terjadi sepekan ke depan," ucap Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Alfa Centauri, Senin (25/3).

Alfa menyebut, wilayah kecamatan yang berpotensi hujan sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan yakni Pulau Hanaut, Teluk Sampit, Telawang, Seranau, Cempaga, dan Kecamatan Tualan Hulu.

Selain itu Alfa juga mengingatkan warga perlu waspada dengan adanya potensi hujan lokal dengan intensitas lebat durasi singkat yang disertai petir dan angin kencang.

"Kemudian juga perlu diperhatikan adanya dampak bencana seperti genangan air, banjir, dan tanah longsor untuk daerah yang indeksnya tinggi terhadap risiko banjir," ungkapnya.

Alfa menambahkan, untuk potensi banjir Dasarian III bulan Maret di daerah itu diprediksi adanya potensi rawan banjir pada kriteria rendah.

"Untuk beberapa hari ke depan, prediksi adanya potensi rawan banjir pada kriteria rendah, kami berharap warga tetap waspada," imbuhnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menetapkan masa transisi pemulihan bencana banjir selama 14 hari ke depan (23/3) hingga (5/4). Hal itu lantaran potensi hujan di daerah itu sudah berangsur turun. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami