Home DPRD Murung Raya Dua Pimpinan DPRD Mura Kandidat Kuat dalam Pilkada Murung Raya

Dua Pimpinan DPRD Mura Kandidat Kuat dalam Pilkada Murung Raya

  Redaksi   | Kamis , 14 Maret 2024
38218df637e2912eaea4d42bb8c04ee2.jpg
Ketua DPRD Murung Raya Doni.

KLIK. PURUK CAHU - Sosok Doni selaku Ketua DPC PDIP Murung Raya (Mura) yang juga menjabat Ketua DPRD Murung Raya berhasil menambah kursi PDIP dipemilu legislatif 14 Februari 2024 lalu dari 5 kursi di Pemilu 2019 menjadi 6 kursi di pemilu 2024.

Keberhasilan Doni di tingkat internal PDIP dianggap mampu meyakinkan elit PDIP untuk mengusung dirinya sebagai Bakal Calon Bupati Murung Raya pada Pilkada nantinya. Apalagi minimal kursi parpol pengusung sudah terpenuhi yakni 5 kursi dari 25 kursi keseluruhan.

Selain itu, dalam masa jabatannya sebagai Ketua DPRD Murung Raya Doni dianggap telah banyak berjasa membantu masyarakat kecil, dalam segala bidang. Modal dasar dan pondasi yang dibangun Doktor Alumnus Undip ini sudah selaras dengan sosok pemimpin yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Meski Pilkada Murung Raya digelar serentak bersama dengan 544 daerah di bulan November 2024 mendatang, kini sejumlah tokoh dinilai berpeluang untuk menjadi calon kandidat yang sangat diperhitungkan. 

Salah satunya lagi , nama Rahmanto Muhidin selaku Wakil Ketua II DPRD Murung Raya juga tidak kalah memiliki prestasi yang gemilang dikancah perpolitikan Murung Raya.

Rahmanto telah berhasil membawa partai PKB meningkat signifikan di setiap pergelaran pemilu. Sebut saja, pemilu 2014, PKB hanya memiliki 1 kursi, sedangkan pada pemilu 2019 meningkat draktis hingga menghantarkan Rahmanto sebagai Wakil Ketua II DPRD Murung Raya dengan perolahan 3 kursi. 

Sementara untuk pemilu 2024 ini, Rahmanto kembali mencatat sejarah dengan perolehan 3 kursi serta urutan suara terbanyak kedua setelah PDIP. Ini menandakan bahwa untuk periode 2024-2029, PKB sudah bisa dipastikan menduduki jabatan Wakil Ketua I DPRD Murung Raya.

Dengan modal 3 kursi di DPRD, jika maju sebagai Bakal Calon Bupati Murung Raya periode 2024-2029, Rahmanto memiliki pekerjaan rumah (PR) dengan mencari 2 kursi parpol untuk teman koalisi, agar perjalanan menuju kursi KH 1 M bisa terakomodir.

Sampai saat ini perhitungan komposisi kursi Parpol di DPRD Murung Raya periode 2024-2029 hasil pemilu 14 Februari lalu, PDIP 6 kursi, PKB 3 kursi, Nasdem 3 kursi, PPP 3 kursi, PKS 3 kursi, PAN 3 kursi, Demokrat 2 kursi, Golkar 1 kursi, Gerindra 1 kursi, berjumlah 25 kursi.

Ketika ditanya soal kesiapan maju sebagai bakal calon Bupati, Doni mengaku bahwa ketika dirinya ditugaskan oleh partai maka dirinya selalu siap. “Sebagai kader, kami selalu siap jika partai menugaskan,” tegas Doni, Selasa (12/3).

Sementara hal senada juga diutarakan Rahmanto, untuk Pilkada Murung Raya dirinya telah mempersiapkan diri. Terlebih dirinya sebagai Ketua DPC PKB Murung Raya juga harus mencari teman koalisi dengan mencari 2 kursi lagi agar kursi partai pengusung lengkap yang dipersyaratkan yakni 5 kursi.

“Semua dinamis siapa berpasangan dengan siapa. Artinya PKB sudah memiliki modal 3 kursi, tinggal kita cari teman koalisi,” bebernya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami