Home Pemerintah Kotawaringin Barat Jalan Poros Pesisir Terdampak Banjir Rob, Pemkab Kobar Akan Buat Jalur Baru

Jalan Poros Pesisir Terdampak Banjir Rob, Pemkab Kobar Akan Buat Jalur Baru

  Redaksi   | Sabtu , 11 Desember 2021
5bdf8e8de095c5353c11e24e374765b4.jpg
Jalan di kawasan pesisir Kumai yang mengalami kerusakan akibat banjir rob.

KLIK .PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat akan membuat jalur baru untuk mengantisipasi semakin rusaknya beberapa ruas jalan di kawasan pesisir Kumai, akibat terdampak banjir rob baru-baru ini. 

"Jalur atau jalan poros utama pesisir ini, rencananya akan kami alihkan ke jalur lingkar baru yang nantinya akan tembus sampai Desa Kumpai Batu Atas," kata Bupati Kobar Nurhidayah, belum lama ini. 

Seperti diketahui, dampak banjir rob atau luapan air laut, membuat sejumlah titik jalan di kawasan pesisir mengalami kerusakan. 

Sebelumnya, sejumlah titik ruas jalan di kawasan pesisir pantai telah tergerus abrasi, dan pada 7 Desember 2021 lalu, ditambah terdampak gelombang pasang, sehingga kondisinya kini kian memprihatinkan. 

Diketahui bahwa, jalan poros di kawasan pesisir yang paling terdampak tepatnya di Desa Keraya, dan saat ini Pemda sudah memetakan dan telah dipersiapkan jalan baru tersebut. 

"Kami sebenarnya sudah sejak lama sudah memetakan atau sudah memitigasi kemungkinan-kemungkinan itu, dan saat ini jalur alternatif sudah kami kondisikan atau persiapkan berada di atas Desa Keraya," jelasnya. 

Lanjutnya, kemungkinan besar jalan utama yang ada saat ini ke depan tidak bisa dimanfaatkan lagi untuk akses umum, dan hanya untuk aktivitas masyarakat setempat. 

"Untuk jalur umum kami buatkan baru dan jalan lama tetap bisa digunakan untuk transportasi masyarakat desa sekitar," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami