Home Pemerintah Pemprov Kalteng Sugianto Sabran Ingatkan Agar Layanan Kesehatan Harus Mudah Dijangkau

Sugianto Sabran Ingatkan Agar Layanan Kesehatan Harus Mudah Dijangkau

  Redaksi   | Minggu , 16 Januari 2022
3d6cf6ed3aa176d768f8c35e47e55844.jpg
Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, saat diwawancarai wartawan.

KLIK. PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengingatkan kembali, supaya pelayanan kehatan harus selalu ditingkatkan agar mampu memenuhi tuntutan dan kebutuhan layanan yang optimal kepada masyarakat.

Disebutkannya, pemerintah telah menjamin pelayanan kesehatan mudah dijangkau dan didapat masyarakat. Sehingga implementasinya di lapangan harus benar-benar dilaksanakan, baik oleh rumah sakit ataupun Dinas Kesehatan.

“Kalau ada yang sakit, apalagi masyarakat kurang mampu yang perlu pengobatan harus diperhatikan. Orang yang kena tumor, getah bening, kena gondok dan penyakit-penyakit lainnya segera diperhatikan. Bahkan kalau perlu operasi, bisa langsung diberi tindakan,” kata dia.

Perlu dipahami, lanjut Sugianto, pelayanan kesehatan ini tidak harus menunggu masyarakat datang ke rumah sakit. Akan tetapi pihak rumah sakit termasuk Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial memantau masyarakat di sekitarnya, yang memerlukan pelayanan kesehatan.

Apalabila masyarakat yang ditangani tidak bisa menggunakan jaminan BPJS Kesehatan, Sugianto memastikan pemerintah melalui fasilitas kesehatannya harus bisa memberi jaminan pelayanan supaya berbagai keluhan masyarakat tetang kesehatan bisa teratasi.

“Kalau penanganannya sulit dilakukan di tempat kita dan perlu rujukan ke luar daerah, maka kita juga harus mengirim membantu rujukannya. Harus dilakukan karena itu kewajiban melayani masyarakat,” katanya menegaskan. 

Sugianto menegaskan, bidang kesehatan ini adalah satu dari empat program prirotas pemerintah selain pendidikan, infrastruktur dan perekonomian dalam artian luas. Maka sangat wajar jika sistem pelayanan kesehatan harus ditingkatkan, mulai dari sarana dan prasarana, sumber daya tenaga kesehatan, termasuk jaminan kepada masyarakat.

“Jangan kita tutup mata dengan masyarakat yang perlu diobati, apalagi kalau yang kurang mampu. Harus direspon cepat, beri pelayanan yang baik untuk pengobatan,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami