Home DPRD Seruyan Kades di Seruyan Dituntut Mamou Mengayomi Masyarakatnya

Kades di Seruyan Dituntut Mamou Mengayomi Masyarakatnya

  Elit Badriyah   | Minggu , 29 Mei 2022
75653cd044f23d242431e6a2433a568f.jpg
Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto.

KLIK. SERUYAN – Seluruh kepala desa (Kades) di Kabupaten Seruyan dituntut mampu mengayomi masyarakatnya. Hal ini merupakan bagian dari tugas kades yang seharusnya. 

Ketua Komisi A DPRD Seruyan, Bejo Riyanto mengungkapkan, salah satu tugas yang sudah seharusnya dilakukan oleh seorang kepala desa adalah mampu mengayomi masyarakat yang ada di desanya masing-masing.

“Menjadi pengayom bagi masyarakatnya itu merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang kades. Karena kades inikan adalah sosok pemimpin di desa mereka. Dan pastinya masyarakat perlu kehadiran kades di tengah-tengah keberadaan mereka,” katanya, Minggu (29/5).

Dijelaskannya, seorang kades juga memiliki peran untuk menampung dan menerima serta membantu semua aspirasi masyarakat yang ada di wilayahnya. 

“Kalau misalnya ada yang sedang mengalami kesulitan atau ada suatu permasalahan yang terjadi, kades harus hadir untuk membantu mencarikan solusi terkait permasalahan yang dialami masyarakat,” ujarnya.

Seorang kades tidak boleh sampai abai terhadap berbagai macam permasalahan yang ada di lingkungan sekitar desanya.

“Itu sudah jadi kewajiban dan amanah yang harus dijalankan karena menjadi seorang kades,” tambahnya. 

Selain itu, ia juga meminta agar seorang kades mampu memahami potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) di desanya masing-masing.

 “Karena ini semua saling keterkaitan. Ada juga nanti program pemberdayaan masyarakat. Artinya memang harus kreatif, inovatif dan peduli dengan masyarakat,” jelasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami