Home DPRD Kotawaringin Timur Kotim Harus Siap Hadapi Potensi Karhutla

Kotim Harus Siap Hadapi Potensi Karhutla

  Dimas Suma Fember   | Rabu , 15 Juni 2022
54d72d14942f9e38c6f3b5412bcb5b1b.jpg
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotim, Agus Seruyantara.

KLIK. SAMPIT - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, diminta siap menghadapi potensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) setiap tahunnya. 

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotim Agus Seruyantara mengingatkan, agar pemerintah mempersiapkan armada dan peralatan yang akan dipergunakan untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lapangan.

Ia juga meminta pihak pemerintah desa mempersiapkan diri untuk langsung terlibat, dalam pencegahan karhutla tersebut, agar penanganan bisa maksimal dengan bekerjasama semua pihak.

“Saat ini sudah memasuki tanda - tanda musim kemarau, maka dari itu kami meminta agar pihak pemerintahan desa membentuk tim penanggulangan dan pencegahan karhutla. Setidaknya untuk mengamankan lingkungan dan lahan di wilayah desa masing - masing,” ujarnya, Rabu (15/6)

Apalagi ujarnya, kasus-kasus karhutla, terutama pada lahan gambut di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan, akan selalu menjadi perhatian dunia, karena kemampuan gambut sebagai penyimpan cadangan karbon dunia, sehingga harus menjadi perhatian semua pihak dalam penanganannya.

"Pemerintah daerah juga harus melakukan pemanfaatan pengecekan data menggunakan data satelit dalam mengantisipasi sebaran titik api dan kondisi lahan serta pencegahan karhutla," tegasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami