Home Pemerintah Kotawaringin Barat Dispar Kobar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

Dispar Kobar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

  Redaksi   | Jumat , 16 September 2022
d965a2be7df96f6aa308d9412a10ed8a.jpg
Suasana pelatihan pemandu wisata yang digelar Dinas Pariwisata Kobar.

KLIK.PANGKALAN BUN - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pelatihan pemandu wisata dalam raangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata yang dilaksanakan di Hotel Kecubung, Kota Pangkalan Bun.

Kepala Dinas Pariwisata Kobar, Wahyudi mengatakan, Kobar menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan dalam pembangunan daerah, maka dengan itu pihaknya akan terus mengbangkan sektor pariwisata.

"Pengembangan tersebut tidak hanya fasiltas dan insfrastruktur, tentu harus diimbangi dengan pengembangan SDM di bidang pariwisata tersebut," kata Wahyudi.

Dijelaskan Wahyudi, pemandu wisata ini memiliki peran penting dalam dunia pariwisata karena pemandu wisata harus bisa berkomunikasi dengan wisatawan dan bisa merepresentasikan lokasi wisata tersebut.

"Kemampuan pemandu wisata dalam menyajikan informasi ini juga berpengaruh besar pada antusiasme wisatawan," Kamis (15/9).

Pihaknya menyadari pentingnya pemandu tersebut. Sebab itu diadakanpelatihan pemandu wisata. Tujuannya agar pemandu wisata dapat memahami konsep dasar kepemanduan, dan bisa menjadi seorang pemandu wisata yang profesional. 

Menurutnya, pariwisata Kobar saat mulai kembali bangkit pasca pandemi Covid-19 selama 2 tahun, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya wisatawan mancanegara maupun lokal yang mulai berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Kami berharap para peserta mampu menerapkan teori-teori dasar kepemanduan sekaligus bisa memberikan pelayanan prima kepada wisatawan, sehingga wisatawan merasa puas dan akan kembali lagi ke Kobar," harapnya.

Pelatihan pemandu wisata ini diselenggarakan selama 2 hari mulai 13 -14 September 2022, dan peserta pelatihan sebanyak 15 orang yang merupakan pemandu wisata pemula dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kabupaten Kobar. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami