Home Pemerintah Kotawaringin Barat 88 SD di Kobar Bakal Diperbaiki Tahun ini

88 SD di Kobar Bakal Diperbaiki Tahun ini

  Redaksi   | Sabtu , 28 Januari 2023
76bea8950c237cfe318511b265955c9d.jpg
Kondisi salah satu SD di Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Sebanyak 88 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan diperbaiki tahun ini.

Perhatian dan peningkatan itu merupakan salah satu program prioritas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kotawaringin Barat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikbud Kobar Muhammad Alamsyah mengutarakan dibutuhkan anggaran sebesar Rp 22,2 miliar untuk membiayai peningkatan fisik SD tersebut.

Dijelaskan, Alamsyah, untuk anggaran perbaikan sekolah yang berasal dari APBD kabupaten berjumlah Rp 12,9 miliar dan APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 9,37 miliar.

"Dari APBD terdapat 73 satuan pendidikan, mulai dari rehab, pembenahan, penataan lingkungan sekolah dan rumah dinas guru. Sedangkan dari DAK terdapat 15 kegiatan," kata Alamsyah, Sabtu (28/1).

Untuk Kecamatan Arut Selatan terdapat 18 SD, Kecamatan Kolam 24 SD, Kecamatan Banteng 10 SD, Kecamatan Lada 9 SD, Kecamatan Aruta 5 SD dan Kecamatan Kumai 7 SD, katanya.

"Kalau untuk kegiatan yang dari DAK tersebar di 5 kecamatan. Konsepnya DAK itu ketuntasan standar pelayanan minimal terutama sarpras," tutur dia.

Selain mengunakan APBD dan APBN, sambungnya, pemda juga berupaya menggaet pihak swasta untuk ikut terlibat dalam peningkatan sarpras pendidikan menggunakan anggaran CSR.

"Seperti yang kita lakukan di SDN 1 Riam itu menggunakan dana CSR. Rencananya, kita akan lakukan lagi di Desa Teluk Pulai. Di sana kita arahkan untuk pembangunan rumah dinas guru," pungkas Alamsyah. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami