Home Peristiwa Lapas Sampit Mendadak Razia, Ditemukan Sejumlah Barang Terlarang

Lapas Sampit Mendadak Razia, Ditemukan Sejumlah Barang Terlarang

  Muhamad Oktavianto   | Senin , 20 Februari 2023
9e19e56a536582478211430fe5ed7966.jpg
Razia blok hunian warga binaan Lapas Kelas II B Sampit.

KLIK.SAMPIT - Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit menggelar razia ke kamar maupun blok hunian para warga binaan pemasyarakatan (WBP), Minggu (19/2).

Ketua Satopspatnal Muhamad Lipran mengatakan pihaknya melakukan ini sebagai upaya mencegah adanya barang terlarang masuk dan dimiliki oleh para WBP. 

"Razia ini kami lakukan baik rutin maupun insidentil baik dilaksanakan pagi, siang bahkan saat ini kami lakukan pada malam hari," ungkapnya, Senin (20/2).

Dari hasil razia itu di salah satu blok hunian yang terdiri dari sebelas kamar hunian petugas mendapati benda terlarang yang dimiliki WBP. Seperti berupa 1 gunting kecil, 1 silet, 1 piring kaca dan potongan kabel. 

"Terhadap barang tersebut dilakukan pendataan, disita, dimasukkan ke dalam berita acara penggeledahan dan selanjutnya dilakukan pemusnahan," ucapnya.

Sementara itu Kepala Lapas Sampit Agung Supriyanto yang memantau pelaksanaan razia menyampaikan bahwa kegiatan Razia tersebut akan terus dilakukan pihaknya.

“Ini dalam rangka menindaklanjuti Perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang diteruskan dengan Perintah Kepala Divisi Pemasyarakatan tentang 3+1 yaitu deteksi dini, berantas narkoba, sinergi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya dan Back To Basics Pemasyarakatan,”ujarnya.

Ditambahkannya, Lapas Sampit melaksanakan komitmen bersama untuk mencegah adanya Halinar (Handphone, narkoba dan pungutan liar) terus berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai upaya langkah nyata. Termasuk di dalamnya dengan kegiatan razia baik terhadap pegawai, tamu, kendaraan serta badan, kamar maupun blok hunian para WBP.

Dirinya juga berharap agar warga binaannya sadar saat di kawasan Lapas maupun setelah mereka bebas nanti.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami