Home Peristiwa Awas! Provokasi Berbau SARA Menggunakan Akun Thorest Jr

Awas! Provokasi Berbau SARA Menggunakan Akun Thorest Jr

  Redaksi   | Senin , 01 Mei 2023
c9d214fd6a80e58a0327f89013ecbf10.jpg
Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono saat jump pers terkait ujaran kebencian menggunakan akun media sosial Thorest Jr, Senin (1/5).

KLIK. PANGKALAN BUN - Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Bayu Wicaksono mengingatkan masyarakat agar tak terpancing maupun terprovokasi isu Sukua Agama Ras dan Antargolongan (SARA), yang menggunakan akun media sosial Thorest Jr.

Polisi memastikan bahwa postingan yang proprokatif itu bukan dari orang yang bersangkutan. Melainkan dari oknum tertentu dengan menggunakan akun nama orang lain. 

Hal ini disampaikan Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, yang didampingi Kabag Ops AKP Rendra Aditia Dhani, Kasat Reskrim AKP Angga Yuli dan Kasat Intel AKP Setya Sidik Pramono, saat Press Release, pada, Senin pagi (1/5).

Menurut Kapolres AKBP Bayu Wicaksono, mereka menyebarkan hoaks dan hate speech secara sengaja melalui akun palsu tersebut untuk menimbulkan keresahan masyarakat dan sentimen negatif kepada masyarakat luas.

"Modus operandi selama ini kita tahu menggunakan akun palsu untuk meresahkan semua orang lain dan dengan sengaja menyebar berita hoaks tersebut. Ini biasanya ujaran kebencian, dengan bertujuan menimbulkan sentiment negative. Sehingga menimbulkan keresahan ke masyarakat," kata AKBP Bayu Wicaksono.

Bayuj Wicaksono menegaskan, ada oknum yang menggunakan akun Facebook Thorest Jr. Oknum tersebut ingin memecah belah, untuk itu masyarakat diminta jangan sampai terprovokasi.

Menurut Bayu, Petrus pemilik akun Facebook Thorest Jr merupakan salah seorang karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat, Petrus sendiri bekerja sebagai buruh angkut kelapa sawit.

“Kami telah melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap Petrus pemilik akun Facebook Thorest Jr, dimana pada saat Petrus tengah kami periksa berikut dengan handphone miliknya dalam penguasaan penyidik. Ada dua postingan terbaru di akun Facebook Thorest Jr, jadi kami sudah pastikan ada oknum yang menggunakan atau mengendalikan akun milik Thorest Jr,” kata Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono.

Kapolres menjelaskan, akun Facebook Thorest Jr, pertama kali memposting ujaran kebencian pada tanggal 29 April 2023, pada saat itu juga. Pihaknya langsung memeriksa Petrus pemilik akun Facebook Thorest Jr tersebut. 

Selain Petrus, juga ada 4 orang saksi lainnya yang di mintai keterangan, termasuk istri dan mandor tempat Petrus bekerja.

“Pada saat Sat Reskrim melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap Petrus, kami belum bisa menemukan bukti yang mengarah pada Petrus. Petrus juga menyampaikan tidak pernah melakukan hal tersebut. Hal itu terperkuat lagi pada saat Petrus di lakukan pemeriksaan terdapat perubahan postingan di akun Facebook Thorest Jr,” ujarnya.

“Ada perubahan postingan dari Akun Facebook Thorest Jr, tepatnya pada tanggal 30 April 2023 tepatnya pada pukul 18.00. Untuk mengungkap kasus ini kami masih intens serta terus monitor dalam penyeledikan tindak pidana yang mengandung unsur ujaran Kebencian. Kami meyakini juga ini bukan perbuatan suku manaun, ini hanya onkum yang menggunakan akun milik Thorest Jr,” ujar orang nomor satu di Polres Kobar ini.

Lebih lanjut, kata Bayu, Polres Kotawaringin Barat dalam pengungkapan kasus tindak pidana ujaran kebencian ini di-backup Polda Kalimantan Tengah.

“Kondisi Kotawaringin Barat saat ini dalam keadaan kondusif, dan kami sangat bersyukur seluruh tokoh masyarakat telah berkomitmen menyerahkan kasus ini kepada kepolisian. Seluruh tokoh masyarakat pun telah berkomitmen untuk bersatu padu dalam menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polres Kobar. Kami akan usut tuntas kasus ini hingga terungkap motif postingan tersebut,” ujar Bayu.

Polisi juga memastikan ada orang tak dikenal yang membajak akun Facebook Thorest Jr untuk memposting status ujaran kebencian ini. Orang tersebut menggunggah postingan kalimat provokasi penuh ujaran kebencian yang beberapa hari ini sempat membuat netizen heboh di Kabupaten Kobar.

Karena itulah, menurut Kapolres, pihaknya saat ini sedang melacak orang yang diduga membajak akun Thorest Jr milik Petrus tersebut.

"Untuk menyelidikinya, kami bekerjasama dengan pihak Ditreskrimsus Polda Kalteng guna melacak siapa orang yang mengendalikan akun itu. Kami mengetahui sendiri bahwa saat saudara Petrus diperiksa dan tidak memegang handphone miliknya. Ternyata muncul lagi postingan provokasi," jelas Bayu.

Menurutnya, perlu diingat bahwa saat ini ada orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin membenturkan antarsuku dengan tujuan yang masih belum diketahui. 

Dalam kesempatan itu Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi. Masyarakat diminta untuk tetap tenang, dan dipastikannya tidak ada satu orang pun yang bisa mengobrak-abrik persatuan dan kesatuan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami