Home Pemerintah Pemprov Kalteng HUT RI, Kalteng Diharapkan 'Merdeka' dari Kabut Asap

HUT RI, Kalteng Diharapkan 'Merdeka' dari Kabut Asap

  Redaksi   | Kamis , 17 Agustus 2023
433bdec65392500dfeb034480bf1b2b5.jpg
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT RI di lingkup Pemprov Kalteng, Kamis (17/8).

KLIK. PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, mengharapkan momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, dapat dijadikan sebagai upaya bersama memperkuat sinergi dan koordinasi dalam berbagai hal.

Salah satu yang menjadi perhatian sekarang ini adalah komitmen bersama untuk menjadikan Kalteng bebas kabut asap, yang dilakukan melalui penguatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Musim kemarau tahun ini lebih panjang dan kering akibat Fenomena El Nino, dan puncaknya akan terjadi pada bulan Agustus dan September," katanya saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT RI di lingkup Pemprov Kalteng, Kamis (17/8). 

Untuk menjadikan Kalteng 'merdeka' dari bencana kabut asap, maka semua pihak diinginkan untuk bersatu padu dalam penanggulangan karhutla di seluruh wilayah provinsi ini. 

"Semua pihak, baik pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, Forkopimda, instansi terkait, maupun elemen masyarakat harus bersatu padu menjalankan komitmen Kalteng bebas kabut asap," katanya mengingatkan. 

Wagub menyebut, sinergi Satgas Karhuta Provinsi dan Kabupaten dan Kota harus diperkuat, serta personel, sarana prasarana, dan sumber daya lain harus disiapsiagakan, sehingga kejadian kebakaran sekecil apapun bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

Pencegahan karhutla ini bukan pekerjaan baru bagi seluruh perangkat terkait, sehingga diharapkan kesiapan personel, sarana dan prasarana serta hal penting lainnya yang menyangkut kegiatan di lapangan bisa tercukupi.

"Mari melalui semangat HUT Kemerdekaan ini, kita jadikan Kalteng bebas kabut asap dengan bersama-sama bekerja keras," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami