Home News Metropolis Waspada! Kasus ISPA di Kotim Meningkat, Berikut Gejalanya

Waspada! Kasus ISPA di Kotim Meningkat, Berikut Gejalanya

  Sugianto   | Sabtu , 02 September 2023
63b527f905d91b1ece5a652fe6983a0c.jpg
Kepala Dinkes Kotim Umar Kaderi.

KLIK.SAMPIT- Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur mencatat terjadi peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di wilayah setempat. Masyarakat pun diminta waspada.

"Wilayah kita memang mengalami peningkatan kasus ISPA," ucap Kepala Dinkes Kotim Umar Kaderi, Sabtu (2/9).

Menurutnya, meningkatnya kasus ISPA ini terjadi karena kemarau panjang. Sehingga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan memicu terjadinya asap. Kondisi udara pun menjadi tidak sehat.

Ia merinci data kasus ISPA bulan Agustus 2023 yang dihitung setiap pekan. Minggu ke-31 tahun 2023 atau minggu pertama bulan Agustus sebanyak 438 kasus dan minggu ke-32 sebanyak 441 kasus. Kasus ISPA sempat melandai minggu ke-33 hanya 373 kasus. Namun kembali mengalami kenaikan pada minggu ke-34 sebanyak 502 kasus.

"Data ini dihimpun dari 21 Puskesmas yang berada di Kotim," bebernya.

Ia menyebut, ISPA merupakan infeksi yang menyerang pada pernapasan baik atas maupun bawah. Umumnya, ISPA menyerang pada beberapa organ pernapasan mulai dari faring, hidung, laring, dan sinus.

"Penyakit ISPA ini ditandai dengan mengalami batuk, suhu tubuh meningkat, nyeri di bagian kepala, sulit bernafas karena hidung tersumbat," paparnya.

Lanjutnya, setiap orang gejala ISPA beragam tergantung penyebabnya. sebaiknya waspadai gejala-gejala ISPA.

"Tenggorokan terasa nyeri terutama saat digunakan untuk menelan. Munculnya gejala sinusitis, seperti keluar ingus, demam, dan wajah nyeri. Kulit berubah kebiruan karena kekurangan oksigen," sambungnya.

Ia menambahkan, ISPA dapat dicegah atau diantisipasi dengan baik. Mulai dari memakai masker saat bepergian, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan olahraga dengan rutin, dan rutin mencuci hidung untuk membersihkan kotoran yang menumpuk.

"Masyarakat juga sebaiknya menggunakan masker ketika melakukan aktivitas diluar rumah dan juga menghindari menyentuh bagian wajah terutama mulut, hidung, dan mata agar terhindar dari virus atau bakteri. Menutup mulut dan hidung dengan tisu atau tangan ketika bersin. Hal ini mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain," imbuhnya.

Umar juga mengimbau masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala ISPA.

"Hal ini untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat," pungkas dia. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami