Home Pemerintah Murung Raya Pemkab Murung Raya Dengar Pidato Kenegaraan Presiden

Pemkab Murung Raya Dengar Pidato Kenegaraan Presiden

  Redaksi   | Kamis , 17 Agustus 2023
a436da89c52c261da40e3aef39a03c1e.jpg
Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph, DPRD Murung Raya, dan jajaran Forkopimda saat mendengar pidato kenegaraan.

KLIK. PURUK CAHU - Pemerintah Kabupaten Murung Raya bersama anggota DPRD dan unsur Forkopimda ikut mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka HUT ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat ruang rapat paripurna Gedung DPRD Murung Raya, Rabu (16/8). 

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia Joko widodo menyampaikan bahwa Indonesia harus menjadi negara yang mampu mengolah sumber dayanya mampu memberikan nilai tambah dan mensejahterakan rakyatnya.

“Dan ini bisa kita lakukan melalui hilirisasi, saya sudah sampaikan hilirisasi yang ingin kita lakukan adalah hilirisasi yang melakukan transfer teknologi yang memanfaatkan sumber energi baru dan terbarukan serta meminimalisasi dampak lingkungan,” tutur Jokowi.

Jokowi juga menyebutkan bahwa pemerintah telah mewajibkan perusahaan tambang sekarang ini untuk membangun pusat pembibitan, membangun pusat persemaian, untuk menghutankan kembali lahan pasca penambangan.

“Hilirisasi yang ingin kita lakukan adalah hilirisasi yang tidak hanya pada komoditas mineral, tapi juga non mineral seperti sawit, rumput laut, kelapa dan komoditas-komoditas potensial lainnya, yang mengoptimalkan kandungan lokal,” terang Jokowi. 

Adapun yang bermitra dengan UMKM, bermitra dengan petani, bermitra dengan nelayan sehingga bisa mensejahterakan rakkat kecil dimana upaya tersebut sedang dilakukan dan terus dilanjutkan.

“Ini memang pahit bagi para pengeskpor bahan mentah. Ini juga mungkin pahit bagi pendapatan negara dalam jangka pendek. Tapi jika ekosistem besarnya sudah terbentuk jika pabrik pengolahannya sudah beroperasi, saya pastikan ini akan berbuah manis pada akhirnya terutama bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tegas dan janji Jokowi . 

Sementara, Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph saat diwawancarai awak media terkait hilirisasi ia mengatakan pihaknya akan mengikuti arahan pemerintah pusat.

“Kita ini kan bagian dari regulasi bangsa secara personal itu sendiri. Artinya apa yang menjadi progra. Pemerintah Pusat harus seiring dengan yang ditentukan oleh bangsa kita seperti hilirisasi, saya pikir itu sudah kebijakan yang tepat untuk kita semuanya dalam rangka mensejahterakan masyarakat Murung Raya dimasa yang akan datang,” ujar Perdie.

Ia menambahhkan bahwa hal tersebut tentunya dari segala bidang terutama sektor pertambangan,kehutanan, dan pertanian dalam artian luas.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami