Home Pemerintah Murung Raya 262 Peserta di Kabupaten Murung Raya Ikuti Pelatihan Kader Posyandu

262 Peserta di Kabupaten Murung Raya Ikuti Pelatihan Kader Posyandu

  Redaksi   | Selasa , 14 November 2023
5b036288c58df56c6ee820bea708d02d.jpg
Plt Sekda Mura Serampang saat membuka Pelatihan Kader Posyandu di Aula Ondhui Cahai Tingang, Senin (13/11).

KLIK.PURUK CAHU - Sebanyak 262 peserta di Kabupaten Murung Raya mengikuti Pelatihan kafer Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).Pelatihan tersebut dibuka oleh Pelaksana Tugas Sekda Murung Raya Serampang di aula Ondhui Cahai Tingang, Senin (13/11)

Kegiatan tersebut diikuti peserta dari kelompok kerja 4 TP PKK 10 kecamatan, kemudian 2 orang kader posyandu dari masing-masing desa / Kelurahan se- Murung Raya dan Seluruh kader PKH Dinsos Murung Raya.

Adapun tujuan digelarnya pelatihan tersebut agar meningkatan kapasitas dan pengetahuan kader melaksanakan tugasnya dalam Pencatatan pelapora pengukuran antropometri, pengisian KMS dan balok SKDI

Serta memberikan pembekalan dan keterampilan kader dalam pemberian makanan bayi dan anak agar mampu menja agen -agen perubahan perilaku dalam upaya percepat penurunan stunting.

Dalam sambutannya, Plt. Sekda Murung Raya menyampaikan bahwa permasalahan stunting menjadi penghambat terbesar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, karena tidak hanya merugikan dari segi kesehatan tapi juga dari sisi produktivitas jangka dan ekonomi 

“Dalam jangka pendek stunting perkembangan otak dalam menyebabkan anak tidak berkembang secara optimal, sehingga kemampuan kognitif anak akan lebih rendah dan dalam jangka panjang akan menyebabkan rendahnya produktivitas dan menghambat pertumbuhan ekonomi,” ungkap Serampang

Olehkarenanya menurutnya keberadaan kader sangat penting dan sangat strategis karena merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu. 

Sehingga pelayanan yang diberikan ke masyarakat positif dapat memberikan dampak terhadap peningkatan derajat kesehatan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap agar seluruh kader dapat menerima materi dari narasumber supaya bisa memberikan bantuan dalam menjalankan tugas lebih baik dan mendasar terhadap pelayanan kesehatan dan sosial kepada masyarakat,” tutup serampang (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami