Home News Metropolis Masjid di Sampit yang Konsisten Mengadakan Berbuka Puasa Bersama hingga Pengujung Ramadan

Masjid di Sampit yang Konsisten Mengadakan Berbuka Puasa Bersama hingga Pengujung Ramadan

  Sugianto   | Selasa , 02 April 2024
4a44bdda619047467d9a856499686775.jpg
Tampak jemaah berbuka puasa di masjid Baiturrahim Jalan S Parman, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Senin (1/4).

KLIK.SAMPIT- Sejumlah masjid di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, konsisten menggelar buka puasa bersama bagi umat muslim. Dari awal hingga pengujung Ramadan. Salah satunya Masjid Baiturrahim di Jalan S Parman Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotawaringin Timur.

"Dari awal Ramadan hingga sekarang kami menggelar buka puasa bersama. Insya Allah Selama satu bulan penuh pada Ramadan menggelar buka puasa bersama secara gratis disini," kata Saleh, pengurus masjid yang ditemui wartawan klikkalteng.id, Senin (1/4).

Ia mengatakan buka puasa bersama tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin yang digelar mereka tiap bulan Ramadan. Tentu ini dinanti bagi jemaah baik warga disini maupun dari luar yang tidak memiliki tempat untuk berbuka.

"Biasanya kami berbuka puasa bersama warga di sini dan juga ada dari warga luar daerah yang masih dalam perjalanan," ujar Saleh.

Berdasarkan pantauan klikkalteng.id, pada Senin (1/4) menjelang magrib, warga berbondong-bondong berkumpul sembari menunggu buka puasa bersama.

Kegiatan itu dilakukan sembari menunggu tiba waktu nya berbuka puasa yakni ada pembacaan lantunan ayat suci Alqur'an. Kemudian zikir bersama, barulah berbuka puasa. Kemudian dilanjutkan dengan salat magrib berjemaah.

"Jadi kita sebelum buka puasa ada pembacaan ayat suci Alqur'an, zikir hingga beduk. Lanjut salat magrib berjemaah," terangnya.

Adapun menu berbuka yang biasanya disediakan beragam. Mulai dari takjil jajanan, segelas air teh, dan nasi kotak. Biasanya menu ini sudah siap sekitar 15 menit menjelang azan magrib berkumandang. Menurut Saleh Makanan dan minuman tersebut seluruhnya merupakan sumbangan jemaah atau warga sekitar masjid.

"Memang sudah jadi kegiatan rutin kami warga di sini. Setiap bulan puasa warga sini bergantian menyumbang makanan untuk berbuka puasa," imbuh Saleh.

Sementara itu, salah seorang pemuda yang sedang melakukan perjalanan Abu Thalib, mengaku senang berbuka puasa di masjid tersebut.

"Alhamdulillah saya bisa berbuka puasa di sini itu enak. Para panitia juga enak. Sembari menunggu buka puasa kita bisa berdoa berzikir dan salat magrib berjemaah," kata Abu.

Adapun selain Masjid Baiturrahim ini sejumlah masjid di Kota Sampit juga menyediakan buka puasa gratis seperti Masjid Jami Noor Agung di Jalan Pemuda, Masjid Al Falah di Jalan Achmad Yani, dan Masjid Nurul Iman di Jalan Pelita. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami