Home DPRD Seruyan Petani Mengeluhkan Harga Gabah Murah, Dewan Desa Pemkab Seruyan Bertindak

Petani Mengeluhkan Harga Gabah Murah, Dewan Desa Pemkab Seruyan Bertindak

  Elit Badriyah   | Rabu , 25 Mei 2022
4ccb5ff72f3251221725fb7bcff2cb89.jpg
Masyarakat Seruyan memasukan gabah ke dalam pikap untuk dijual ke pengepul.

KLIK. SERUYAN – Masyarakat yang berprofesi sebagai petani di Kabupaten Seruyan mengeluhkan harga gabah yang murah. Menyikapi itu, kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mendesak pemerintah kabupaten setempat segera bertindak. 

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, M Aswin menilai,  hal tersebut sudah merupakan rahasia umum, harga gabah turun pada saat memasuki musim panen serentak.

“Saat inikan petani kita sudah memasuki musim panen. Saya lihat para petani sudah sangat ramai melakukan pemanen terhadap sawah mereka. Dan biasanya pada saat masa-masa di mana gabah itu sangat melimpah ketersediaannya, harganya akan turun,” katanya di Kuala Pembuang, Rabu (25/5).

Dikatakannya, kondisi ini tentu membuat masyarakat kesulitan, karena berpengaruh terhadap pendapatan mereka. Dan pihaknya  juga sudah beberapa kali menyampaikan hal ini kepada Pemkab Seruyan dalam beberapa kali kesempatan.

Dalam keadaan seperti itu, maka dirinya mengusulkan agar pemerintah bisa memanfaatkan keberadaan Badah Usaha Milik Desa (BUMDes) di masing-masing desa untuk menampung hasil panen. Pemkab Seruyan melalui instansi-instansi terkaitnya juga harus mengambil peran agar memberikan instruksi atau pengarahan kepada pihak desa terkait hal itu. 

“Coba nanti undang pihak desa atau kelurahan, camat dan pihak-pihak terkait untuk membicarakan masalah ini. Agar solusinya bisa dicarikan. Saya rasa melalui BUMDes itu sangat potensial,” jelasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami