Home Pemerintah Kotawaringin Barat Penerimaan Pajak di Kobar Tumbuh Positif, Ini Tiga Sektor Usaha Penyokongnya

Penerimaan Pajak di Kobar Tumbuh Positif, Ini Tiga Sektor Usaha Penyokongnya

  Redaksi   | Selasa , 02 Agustus 2022
ebe4ce1c1bd596f061451621a71fd857.jpg
Kepala Bapenda Kobar, M. N. Ikhsan.

KLIK.PANGKALAN BUN - Penerimaan pajak sepanjang semester I tahu 2022 di Kotawaringin Barat terpantau tumbuh positif. Ini sejalan dengan pemulihan ekonomi di kabupaten tersebut. 

Pencapaian tersebut tersokong oleh kinerja tiga bidang usaha, yakni, PBB-P2, Pajak Penerangan Jalan, dan BPHTB.

Kepala Bapenda Kobar, M. N. Ikhsan, menyebutkan sejauh ini dari pajak sektor unggulan kita ada 3 jenis pajak yang menjadi unggulan pendapatan daerah.

Lanjut M. N. Ikhsan, 3 sektor unggulan itulah yang masih menjadi tulang punggung pajak daerah kita di sektor pendapatan daerah, dan 3 ini betul-betul akan kita optimalkan.

"Kita ini kan masa transis perubahan regulasi, dengan adanya berlakunya undang-undang hubungan keuangan pusat dan daerah 2022, 2023, dan efektif nanti pada tahun 2024," kata Ikhsan, Selasa (2/8).

Lanjutnya, pihaknya masih pakai aturan-aturan yang lama, dengan segala hambatan-hambatan yang ada, tapi Alhamdulillah, ada 3 sektor pajak menjadi unggulan kita sebagai peningkatan atau optimalisasi dari realisasi pajak daerah kita.

"Targetnya, secara keseluruhan ada 95 miliar secara keseluruhan, tapi secara rincinya nanti saya sampaikan per itemnya," katanya. 

"Memang, ada hambatan dan kendala kita di sini, karena memang repot sekali, dan masih sangat minim kesadaran wajib pajak kita untuk membayarkan pajaknya," ucapnya. 

Ini, yang menjadi PR bersama, komitmen meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayarkan kewajibannya. 

"Tujuannya kan untuk pembangunan kita, kita masih mencari merumuskan bersama-sama pola yang bagaimana supaya sama-sama masyarakat juga bisa membayar pajak dengan penuh kesadaran," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami