Home Pemerintah Pemprov Kalteng Sekda Kalteng : Pendidikan Jadi Investasi Jangka Panjang

Sekda Kalteng : Pendidikan Jadi Investasi Jangka Panjang

  Redaksi   | Kamis , 04 Agustus 2022
c37229658324868a1385a70be0c78170.jpg
Sekda Kalteng, Nuryakin.

KLIK.PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin menegaskan, pemerintah provinsi telah membuat konsep pembangunan untuk mempersiapkan Kalteng sebagai penyangga ibu kota negara.

Salah satu yang menjadi fokus pemerintah, yaitu peningkatan perekonomian daerah yang menekankan pada pemanfaatan potensi asli daerah, seperti halnya pertanian, perkebunan, peternakan, serta kelautan dan perikanan. 

"Baik itu Kalteng wilayah barat, tengah dan timur, semuanya punya keunggulan masing-masing. Jadi itulah yang kemudian akan dimanfaatkan pemerintah," kata dia. 

Sesuai dengan tujuan dari pemerintah, bahwa Pemprov Kalteng terus mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan tetap fokus pada prioritas pembangunan salah satunya pendidikan.

Lebih lanjut Nuryakin memaparkan, jika investasi yang dimaksud tidak hanya pada sektor-sektor usaha. Akan tetapi investasi yang dimaksudkan pemerintah, juga berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan, yang ada muaranya akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia. 

"Kalau secara perekonomian daerah, ya tentu itu bicaranya soal sektor usaha. Tapi kalau SDM, maka investasi yang dimaksudkan adalah pendidikan dan lain sebagainya," katanya menjelaskan. 

Terkait hal itu, pemerintah provinsi sendiri telah mengindikasikan pembangunan perguruan tinggi di wilayah DAS Barito. Langkah ini merupakan ide gagasan cemerlang dari Gubernur Sugianto Sabran, yang menghendaki agar lulusan SLTA di Kalteng, khususnya DAS Barito, dapat melanjutkan pendidikan di daerah sendiri.

"Perlu kajian dan pembahasan yang lebih cermat dalam perencanaan pembangunan perguruan tinggi ini, maka daripada itu perlu keseriusan kita menindaklanjutinya," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami