Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Waspadai Lonjakan Covid-19

Pemprov Kalteng Waspadai Lonjakan Covid-19

  Redaksi   | Minggu , 07 Agustus 2022
b2e50a9ad9001cf250d0c5d0571941e3.jpg
Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng, Falery Tuwan.

KLIK.PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali meningkat kewaspadaannya menyikapi kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa pekan belakang ini. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemandam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, Falery Tuwan menyampaikan, kecenderungan lonjakan kasus Covid-19 di wilayah provinsi ini harus disikapi oleh semua pihak, baik pemerintah dan lembaga terkait lainnya.

"Tren kasus aktif cenderung meningkat sejak 16 Juli lalu, jadi memang harus kita waspadai yang arahnya pada lonjakan kasus," kata dia.

Sesuai dengan instruksi kepala daerah, kenaikan kasus itu harus diantisipasi dengan meningkatkan protokol kesehatan, terutama wajib memakai masker pada kegiatan-kegiatan di dalam ruangan dan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

"Khusus untuk vaksinasi, satgas di kabupaten dan kota diingatkan memperluas cakupan capaian vaksinasi terutama booster untuk meningkatkan ketahanan masyarakat," katanya menginginkan. 

Terpenting juga, lanjut Falery, seluruh satgas kabupaten dan kota juga harus memastikan seluruh fasilitas kesehatan siap menghadapi kemungkinan risiko lonjakan kasus Covid-19. Sehingga penanganan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi dapat dilakukan secara optimal.

Kendati secara kenaikan kasus tidak begitu signifikan, namun semua unsur yang terlibat dalam penanganan kasus Covid-19 harus tetap waspada dengan berbagai kemungkinan. Karena yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana pengendalian kasus dapat berjalan dengan optimal. 

"Saya yakin fasilitas kesehatan, tenaganya, kemudian satga yang melakukan vaksinasi di lapangan sudah bekerja dengan baik. Jadi tinggal kita maksimalkan lagi untuk menyikapi kenaikan kasus sekarang ini," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami