Home Pemerintah Pemprov Kalteng Sadar Wisata Tak Sekadar Promosi

Sadar Wisata Tak Sekadar Promosi

  Redaksi   | Jumat , 14 Oktober 2022
6d4195bf0185ea786e88db33c8e606f5.jpg
Sekda Kalteng, Nuryakin menyerahkan peralatan kebersihan untuk pengelolaan objek wisata Kereng Bangkirai.

KLIK.PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin menegaskan, sadar wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi-destinasi wisata di provinsi ini tidak sekadar melalui promosi. 

Hal itu diungkapkannya pada saat membuka kegiatan Gerakan Aksi Sapta Pesona tahun 2022, bertempat di Dermaga Kereng Bangkirai Palangka Raya, Jumat (14/10) .

"Perlu keterlibatan semua pihak dalam mempromosikan sektor pariwisata kita. Jadi memang perlu melihat secara keseluruhan apa saja yang perlu dikerjakan," kata dia. 

Jika melihat daripada tujuan sadar wisata, maka dipahami pemerintah melalui kementerian terkaitnya menekankan Program Bersih, Indah, Sehat, dan Aman (BISA), yang merupakan gerakan perlindungan sosial bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Sadar wisata merupakan salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dimana program itu tidak hanya bicara promosi, tapi meningkatkan keterlibatan semua unsur," katanya menegaskan.

Lebih lanjut dia mengatakan, sadar wisata didefinisikan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi pengembangan kepariwisataan di suatu wilayah atau tempat.

"Yang pasti suatu pembangunan dalam bidang apapun pasti tidak terlepas dari unsur kualitas, kuantitas dan kesiapan sumber daya yang ada," katanya. 

Diharapkan kegiatan melalui program tersebut mampu menciptakan masyarakat destinasi pariwisata aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan destinasi pariwisata yang mencerminkan nilai-nilai Sapta Pesona. 

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, sebagai upaya adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, program ini bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha pariwisata dan industri kreatif untuk meningkatkan kesiapan, mengantisipasi perubahan, dan melakukan adaptasi.

"Upaya untuk dapat menarik kembali kepercayaan dari wisatawan melalui empat aspek esensial di sektor Parekraf, yaitu kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami